Pasukan Angsa yang bertugas Menjaga Kualitas Air

1
54

NextGeners pasti kenal dengan negara yang memiliki landmark Merlion? Negara tersebut adalah Singapura, negara yang memiliki luas area 719 Km2 ini kembali membuat inovasi yang dapat juga menginsipirasi negara lainnya, yaitu mereka membuat robot berbentuk angsa.

Robot angsa ini bernama SWAN, namun dibalik kata SWAN yang memang berarti angsa ini memiliki singkatan loh, SWAN adalah singkatan dari Smart Water Assesment Network. Tugas utama dari para robot-robot berbentuk angsa ini adalah menjaga kualitas air di danau, dengan memiliki kemampuan untuk mengukur tingkat pH dalam air, larutan oksigen, tingkat kekeruhan dalam air, menemukan sumber polutan, maupun juga klorofil yang terdapat di dalam air.

Namun bagaimana caranya para pihak badan pengairan mengetahui kualitas air yang sudah di ukur oleh para robot SWAN? Robot SWAN ini dapat diberikan perintah melalui cloud, jadi para badan pengairan singapura dapat memonitor secara langsung apa yang terjadi di perairan danau tersebut dari jarak jauh, pastinya salah satu teknologi yang digunakan tersebut adalah IoT (Internet of Things) sehingga para robot angsa tersebut dapat bekerja secara real time dan dapat bekerja dengan cepat.

Robot SWAN ini adalah hasil kolaborasi antara Badan Pengairan pengairan Singapura (PUB), National University of Singapore, dan juga dengan Tropical Marine Science Institute. Kenapa dibuat berbentuk seperti angsa adalah agar para robot tersebut dapat membaur dengan lingkungannya dan tidak mengganggu biota di lingkungan tersebut, kareana seperti yang dikatakan oleh salah satu asistten profesor dari program elektrik dan teknik komputer dari National University of Singapore yaitu Mandar Chitre, robot-robot angsa tersebut akan berenang mengitari danau-danau tersebut selayaknya angsa asli.

SWAN sebelumnya sudah melewati masa uji coba di tahun 2016, SWAN kini sudah dilengkapi dengan kemampuan sampling serta navigasi yang lebih baik dibandingkan yang sebelumnya. Badan Pengairan Singapura juga mengungkapkan jika robot SWAN ini adalah solusi efektif untuk memahami kondisi waduk serta meningkatkan kualitas air bagi kebutuhan hidup warga Singapura.

Untuk sementara ini SWAN baru di operasikan sebanyak 5 buah, selain itu robot SWAN dibuat dengan material yang kuat, sehingga tidak akan mudah rusak bila bertabrakan dengan kapal yang berada di sekitar wilayah danau tersebut.

Mandar Chitre juga mengatakan, “kami akan menambahkan sensor dan kemampuan SWAN serta meningkatkan sistem kontrol dan data analitik” dirinya dengan tim juga berharap robot SWAN dapat menarik perhatian negara lain untuk mengadospi sistem SWAN yang bisa dimanfaatkan di instansi pengelola air.

Keren ya NextGeners inovasi yang dibuat oleh Singapura, semoga aja apa yang diharapkan Mandar Chitre terwujud ya, agar negara lain juga dapat menerapkan sistem seperti itu. Apakah NextGeners juga ingin membuat robot yang berguna dan menginspirasi? Jika iya maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

http://tekno.kompas.com/read/2018/02/03/13060047/singapura-pelihara-robot-angsa-untuk-awasi-kualitas-air

https://palingbaru.com/hebat-singapura-ciptakan-robot-angsa-untuk-mengawasi-kualitas-air/

https://netz.id/gallery/2018/02/05/00416/1012050218/singapura-bikin-robot-angsa-pengontrol-kualitas-air-danau/3

Sumber Gambar:

https://techcrunch.com

https://www.channelnewsasia.com

https://vulcanpost.com

1 COMMENT