Panas dan Hujan, Panel Surya ini tetap menghasilkan Energi

0
38

Ketika melihat panel surya yang terbesit di pikiran NextGeners pasti cahaya matahari, karena selama ini panel surya merupakan alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Namun bagaimana jika panel surya juga dapat mengubah air hujan menjadi listrik? Pastinya terdengar baru kan mendengar sebuah panel surya yang dapat bekerja dengan dua kondisi cuaca (panas dan hujan).

Penemuan inovatif ini di ditemukan dari tim peneliti yang terdiri dari para insinyur teknik dari Soochow University di China. Mereka telah mempublikasikan laporan mereka mengenai sebuah perangkat hibrida pada panel surya. Para peneliti tersebut merancang perangkat yang dapat menghasilkan energi solar, saat keadaan cerah dan energi mekanis dari tetesan air hujan saat musim hujan.

Perangkat tersebut memanfaatkan efek bernama triboelectric, sebuah efek di mana material tertentu menunjukkan muatan listrik setelah bersentuhan dengan material yang berbeda. Triboelectric nanogenerator (TENGs) dengan sengaja menciptakan muatan ini melalui gesekan yang kedepan nantinya dapat digunakan untuk menghasilkan listrik statis dari benda-benda seperti pakaian, roda mobil, atau layar sentuh sekali pun. Untuk saat ini, Nanogenerator triboelektric berhasil digunakan untuk menangkap energi laten dari tetesan air hujan yang melintasi panel surya.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya dimana TENGs dimasukkan ke dalam panel surya, sebelumnya mereka pernah melakukan hal yang serupa, tetapi untuk yang sekarang mereka menggambarkan perangkat menjadi lebih sederhana, ramping, dan mudah di produksi daripada model sebelumnya.

Zhen Wen yang meruapakan salah satu anggota peneliti dan penulis laporan mengatakan terobosan terbesar dari penemuan ini adalah pembangkit tenaga terpadu yang terdiri dari panel sel surya dan TENGs ditunjukkan dengan berbagai elektroda secara timbal balik. “ Dibandingkan dengan temuan sebelumnya, rancangan sederhana dari elektroda timbal balik mengurangi jumlah lapisan fungsional. Yang sangat meningkatkan efisiensi hasilnya.”

Berikutnya mereka akan meningkatkan jumlah listrik yang bisa dihasilkan untuk membuatnya layak secara komersial dan langsung dapat dipasarkan untuk digunakan masyarakat.

Setelah NextGeners membaca artikel inovatif tersebut apakah kalian tertarik dengan inovasi-inovasi dalam bidang energi terbarukan? Jika NextGeners juga ingin membuat inovasi yang berhubungan dengan energi terbarukan, maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Entrepreneurial Energy Engineering.

Sumber Referensi:

https://www.priskop.com/baru-panel-surya-hibrida-bisa-memanen-energi-dari-tetesan-hujan/

https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/panel-surya-tiongkok-ubah-hujan-jadi-listrik

https://www.asianscientist.com/2018/03/tech/triboelectric-nanogenerator-solar-cell/

Sumber Gambar:

https://www.stoplusjednicka.cz