Oksusu Social VR, kemampuan dunia virutal dengan 5G

0
41

Sepertinya permainan Virtual Reality yang ada di dalam film One Ready Player (rilis maret 2018) akan menjadi kenyataan NextGeners. Jika NextGeners sudah membaca sinopsis atau melihat trailer dari film One Ready Player tersebut menceritakan sebuah permainan Virtual Reality dimana kita dapat bertemu dengan avatar pemain lain dan melakukan petualangan di dunia virtual tersebut. Namun berkat sebuah raksasa telekomunikasi asal Korea Selatan yaitu SK Telecom konsep Virtual Reality yang dapat bertemu dengan avatar lain akan dapat kita nikmati.

Jika pada tahun 2017 SK Telecom telah memamerkan platform siaran langsung ‘360 Adaptive VR Live Streaming Platform’ (360 VR Live) di Mobile World Congress (MWC) 2017. Tepat di tahun 2018 dalam gelaran yang sama SK Telecom menampilkan inovasi VR terbaru yaitu Oksusu Social VR kepada para pengunjung MWC 2018 yang berlangsung di  Barcelona, Spanyol dari 26 Februari sampai 1 Maret.

Oksusu Social VR merupakan sebuah adaptasi dari layanan platform media SK Telecom dimana memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan konten video dan berinteraksi satu sama lain di dalam lingkungan virtual. Aplikasi ini menawarkan sudut pandang konten yang setara dengan HD 80 inci dengan SK Telecom yang mengharapkan peningkatan kualitas gambar saat era 5G yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi, dilengkapi dengan kemampuan untuk menyediakan konten video 8K (7,680 x 4.320).

Dengan adanya teknologi 5G, SK Telecom akan menunjukkan bagaimana peningkatan Virtual Reality melalui Oksusu ini. idenya adalah pengguna dapat mengundang orang lain ke dalam lingkungan virtualnya untuk berbagi dan menonton konten video bersama. SK Telecom juga telah menyesuaikan ‘Treal Avatar Framework’ di platform nya untuk membuat avatar yang dapat mencerminkan gerakan tubuh, ekspresi wajah dan emosional di dalam ruang virtual.

Oksusu Social VR akan menggunakan perangkat Samsung Gear VR dan Google Daydream untuk menampilkan tampilan layar TV berukuran 80 inci tersebut yang setara dengan 1080p ditambah dengan avatar virtual penggunanya beserta avatar teman mereka. Di pameran MWC 2018 tersebut, SK Telecom menampilkan tiga ruang virtual yang berbeda, yaitu League of Legends (LoL) contest, SM concert video, dan SK Wyverns (baseball) match.

SK Telecom mencata bahwa sebagian besar konten VR yang disediakan saat ini adalah konten pra-produksi yang dilihat berdasarkan peminatan. Platform konten VR online-real-time belum tersedia karena keterbatasan  kecepatan data jaringan hari ini tidak belum dapat mendukung lingkungan VR secara penuh. Setelah 5G benar-benar diterapkan pada platform VR, pengguna nanti dapat menikmati konten VR streaming live dengan resolusi tinggi secara real-time.

Pasti NextGeners juga ingin mencoba pengalaman dengan Oksusu Social VR kan? Tenang saja SK Teelcom berencana akan mengkomersilkan VR Social Oksusu akhir tahun ini, mereka juga akan memperluas pengalaman VR ke dalam belanja, musik, dan konser dan banyak lagi.
Kalau begitu sambil menunggu perilisan secara komersil dari Oksusu Social VR, apakah NextGeners juga memiliki inovasi dalam dunia Virtual Reality? jika iya maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Sumber Referensi:

https://uploadvr.com/mwc-2018-sk-telecom-will-demo-5g-social-vr/

http://www.telecomtv.com/articles/5g/sk-telecom-attempts-to-bring-social-vr-to-5g-16406/

https://www.vrfocus.com/2018/02/sk-telecom-at-mobile-world-congress-2018-to-debut-oksusu-social-vr/

Sumber Gambar:

https://venturebeat.com

boingboing.net