NextGener’s Innovation Plan: Gede Herry Arum Wijaya

1
201

Hai NextGeners. Yuk, simak cerita salah seorang NextGener bernama Gede Herry Arum Wijaya (http://nextgen.web.id/profile/herryarum) tentang alasannya kuliah di program studi STEM sekaligus rencana inovasinya.

 

T: Mengapa Anda memilih S1 Energy Engineering/S1 Computer Systems Engineering sebagai pilihan Anda?

J: Saya memilih S1 Energy Engineering karena melihat Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Dua pertiga dari wilayah Indonesia merupakan laut dan seluruh daratan selalu mendapat panas matahari yang terik sepanjang tahunnya. Aliran air sungai yang deras dan masih banyak lagi sumber daya yang bisa dimanfaatkan menjadi salah satu sumber energi terbarukan. Dan saya juga melihat bahan bakar fosil di Indonesia lambat laun akan habis. Apalagi Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat padat sehingga kebutuhan akan energy listrik juga pasti meningkat. Disana saya melihat sebuah peluang untuk memajukan bisnis di bidang energi terbarukan akan sangat diperlukan di masa akan mendatang. Sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia juga sangat mendukung pengembangan dan inovasi di bidang energi terbarukan. Saya juga ingin mengembangkan suatu inovasi sumber energi terbarukan dari sampah. Sampah yang ditimbun dan mengumpulkan gas metana yang keluar sebagai bahan bakar penggerak turbin pada pembangkit listrik. Itu juga sebagai upaya pemanfaatan sampah yang tak berguna. Ini juga sesuai dengan cita-cita saya yang ingin menjadi technopreneur.

 

T: Apakah cita-cita Anda?

J: Saya ingin menjadi technopreneur terutama teknologi yang ramah lingkungan dan salah satunya yaitu bidang energi terbarukan. Saya ingin menjadi pemimpin dan membuka usaha baru. Ingin mewujudkan inovasi-inovasi baru di bidang energi terbarukan. Ingin membantu masyarakat yang ada di pedesaan yang kesulitan menjangkau listrik dari pemerintah dengan mengembangkan inovasi energi terbarukan sesuai dengan daerahnya masing-masing. Saya ingin membuat bangsa ini maju dan mampu bersaing di bidang energi terbarukan dengan negara lain.

 

T: Apakah hobi/kegiatan Anda di waktu luang?

J: Hobi saya yang paling utama adalah bermain musik tradisional Bali yaitu gamelan gong kebyar Bali. Saya ikut di komunitas skhee gong kebyar di desa saya. Setiap sore saya berlatih bermain gamelan. Selain itu, di sekolah berasrama saya mengisi waktu luang dengan berolah raga setiap sore hari. Hampir semua permainan olahraga saya suka. Namun saya lebih sering bermain futsal dan basket. Setiap ada waktu luang di sore hari, saya selalu menyempatkn diri untuk berolahraga, walau itu hanya 30 menit saja. Selain itu saya juga senang membaca buku, terutama buku dengan genre motivasi. Karena kegemaran membaca itu, saya juga senang menulis. Waktu luang di malam hari atau di pagi hari, saya lebih memanfaatkannya untuk menulis. Saya membuat buku kumpulan puisi dan cerpen yang masih dalam proses, novel kisah pribadi dan masih belajar untuk menulis buku dengan genre motivasi.

 

T: Terkait pilihan program studi, apa inovasi yang kamu rencanakan?

J: Terkait S1 Energy Engineering, saya memiliki inovasi yang pertama yaitu ingin membuat kumpulan sampah yang menumpuk menjadi sumber energi terbarukan untuk mengatai permasalahan penumpukan sampah yang berlebihan dan tak berguna. Sampah tersebut akan diolah atau diperlakukan khusus agar dapat menghasilkan gas metana. Karena sampah yang bercampur kebanyakan adalah sampah plastik yang jika ditimbun akan dapat menghasilkan gas metana. Gas metana tersebut akan digunakan untuk bahan bakar penggerak turbin pada pembangkit listrik. Selain itu saya juga ingin memanfaatkan sampah organik di pasar tradisional yang dapat menghasilkan minyak nabati untuk menggerakkan turbin juga. Untuk daerah pedesaan, saya juga ingin mengembangkan pembangkit listrik tenaga hybrid dengan kombinasi pembangkit tenaga mikrohidro di sungai dan tenaga angin. Dan apabila daerah yang dekat dengan laut yang memiliki gelombang keras, dapat dikembangkan pembangkit listrik tenaga ombak atau gelombang. Semua inovasi tersebut tentunya untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

 

Punya kemiripan cerita dan rencana inovasi dengan Gede Herry Arum Wijaya? Yuk, wujudkan bersama-sama dengan bergabung di http://nextgen.web.id/stem