Motor Bernyawa yang Terlahir dari Filosofi Kando

2
143

Buat NextGeners yang suka dengan otomotif motor mana suaranya, STEM-Z kali ini mau membahas tentang motor masa depan. Kemajuan teknologi saat ini sudah sangat mempengaruhi kehidupan kita,  banyak piranti cerdas yang telah lahir dari kemajuan teknologi seperti smart phone, smart tv, smart watch dsb. Kemajuan teknologi juga sudah diterapkan di bidang otomotif, salah satunya motor.

Perkembangan Artificial Intelligence yang semakin menarik di bidang teknologi ternyata cukup mencuri perhatian pihak yamaha, konsep dari Artificial Intelligence dikembangkan untuk menciptakan motor cerdas, motor cerdas ini bernama Motoroid.

Motor ini pertama kali dipamerkan di The 45thTokyo Motor Show 2017, sebuah ajang untuk memamerkan kendaraan motor. Di acara tersebut yamaha untuk pertama kalinya menampilkan motor cerdas milik mereka diacara yang diselengarakan pada 27 Oktober – 5 November 2017.

Motor ini tampil dengan desain yang elegan, apik, dan menawan. Ternyata motor ini lahir dari sebuah filosfi kuno di Jepang yang disebut kando, yang menggambarkan bagaimana seni dan keindahan mempengaruhi jiwa manusia. Itulah alasan kenapa motoroid ini tampil begitu menawan. Selain itu motor cerdas ini juga merupakan hasil dari kerja sama tim yang terdiri dari desainer dan engineer, sebuah kerjasama tim ini telah menghasilkan sebuah karya baru yang inovatif.

Yang membuat nilai tambah dari motor ini karena kemampuan artificial intelligence, sepeda motor ini mampu mengenali pemilik wajah sang pemilik, motor ini dapat berdiri dengan sigap dan berjalan sendiri menuju pemiliknya, motor ini menjadi hidup layaknya mahluk hidup berkat  sensor yang diterapkan di motor tersebut.

Sangat keren motor yamaha motoroid ini. Tidak itu saja NextGeners kemampuan yang dimiliki motor cerdas ini,  motor ini tampil dengan tampilan yang menarik ketika sang pengendara menaiki dan memegang kemudi motor maka motor ini akan memberikan pengalaman pengendaraan sportif tanpa tergantung dari skill pengendara motor ini.

Ternyata sebuah filosofi kuno dapat menghasilkan suatu mahakarya inovatif dan tentunya juga sebuah kerjasama tim antara pihak desainer dan engineer tersebut juga menjadi kunci yang sangat penting, sehingga terlahir sebuah motor cerdas berbasis artificial intelligent dengan tampilan yang menawan.

STEM-Z jadi ingin mencoba dan mengendari motor cerdas ini, apa teman NextGeners juga ada yang ingin mengendarai motor ini? Atau teman-teman ingin juga menciptakan motor cerdasnya sendiri?

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering dan Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

https://sputniknews.com/science/201710181058350578-japan-yamaha-artificial-intelligence-motorcycle/

http://otomotif.bisnis.com/read/20171030/273/704503/tokyo-motor-show-2017-motoroid-konsep-sepeda-motor-cerdas-yamaha

http://www.visordown.com/motorcycle-news-new-bikes/yamaha-reveal-motorcycle-ai

Sumber Gambar:

https://global.yamaha-motor.com

2 COMMENTS

  1. Kalau di lihat pada video, demonstrasinya hanya pada jalur bebas hambatan. Apakah nanti kiranya motor tersebut dapat dipanggil pada kondisi jalan yang berkelok dan sempit? Misalkan kita ada di depan gerbang rumah atau di luar gang, karena malas membawa dari awal jadi kita panggil untuk keluar. Sebenarnya kuncinya itu harus ditepuk terlebih dahulu kan, tapi sama saja, apalagi jalannya masih lambat. Semoga masih dikembangkan lagi agar fungsi dari Motoroid tersebut benar-benar meringankan kerja manusia.

    • kalau STEM-Z pikir sepertinya untuk kasus seperti itu masih belum bisa motoroid tersebut, apalagi kalau digunakan dikondisi jalan yang penuh lalu lalang akan sulit mendeteksi pemiliknya.
      betul STEM-Z juga berharap semoga kedepannya generasi motoroid akan terus berkembang ^_^