Mobil Yang Siap Menembus Kemacetan dan Banjir

0
93

NextGeners ketika menonton film kartun pasti pernah melihat adegan mobil yang bisa menjadi tinggi(terdapat tiang tinggi di atas ban mobil) dan dapat melewati mobil didepannya, mungkin terlintas di pikiran kita desain mobil seperti itu hanya ada di kartun maupun film fiksi. Tapi ternyata mobil seperti itu ada di dunia nyata, nama dari produk mobil tersebut adalah Hum Rider.

Diawali oleh seorang insinyur efek mekanik, Scott Beverly yang menciptakan sebuah mobil yang anti macet dan banjir. Hum Rider merupakan sebuah mobil sport uitility vehicle (SUV). Mobil ini dibangun berbasis Jeep Grand Cherokee yang dimodifikasi.

Mobil ini dilengkapi sebuah lift hidrolik yang mampu merenggang dan memperluas jangkauan, lift hidroliknya yang juga mampu meninggi dan, menyebabkan mobil ini dapat dengan mudah melewati jajaran mobil yang ada di depannya.

Hum Rider mempunya pompa hidrolik seberat 900 pon atau sekitar 408 kg yang bisa mengangkat mobil ini ke udara. Pompa ini mendapatkan tenaganya dari generator bensin tersembunyi di bawah kap mesinnya. Pompa hidrolik ini diaktifkan menggunakan sakelar yang ada di dasbor mobil. Saat di aktifkan dari roda akan keluar tungkai teleskopik yang bisa mengangkat mobil ke atas. Hum Rider pun bisa melewati mobil-mobil lain saat macet dengan mudah juga menghindari banjir.

Hum rider ini memiliki ketinggian sampai dengan ketinggian sembilan kaki atau sekitar 274 meter. Tapi ketinggian ini diukur dari atas atap mobil. Kaki-kaki mobil ini dapat memebri cukup tempat untuk berbagai kendaraan roda empat. Tapi untuk bus, truk, dan van mungkin akan menjadi masalah, karena ruang dibawah Hum Rider ini tidak cukup untuk melewati kendaraan yang sangat tinggi.

Mobil anti macet Hum Rider ini dibuat dengan lebih dari 300 kaki hidrolik. Jadi memang tidak heran, dengan adanya ratusan kaki hidrolik tersebut membuat mobil ini bisa naik ke udara hingga tiga meter tingginya.

Lalu bagaimana kita tahu keadaan dibawah mobil kita saat mobil ini sedang dalam keadaan tinggi? Tenang saja, karena mobil ini dilengkapi kamera pemantau. Kaena tepat di bawah mobil Hum Rider terdapat sebuah kamera yang dipasang dibawah dasbor. Kamera ini digunakan untuk melihat apa yang ada dibawah mobil. Jadi pengemudi bisa melihat apakah tingginya sudah pas dengan mobil yang ada di bawahnya.

Keren juga ya NextGeners dengan kemampuan yang dimiliki mobil ini, tapi sayangnya mobil ini masih dalam contoh prototype, kita masih belom bisa merasakan secara langsung dan mencobanya.

Tapi menurut NextGeners inovasi yang dibuat dari mobil ini bagaimana? Atau NextGeners punya ide inovasi lain untuk mobil anti macet dan anti banjir ini? kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Hum-Rider-Mobil-Anti-Macet-Dan-Banjir

https://kumparan.com/@kumparanoto/solusi-unik-bikin-mobil-bebas-macet-dan-aman-terobos-banjir

http://iknow.id/hum-rider-mobil-anti-macet-dengan-300-kaki-hidrolik/

Sumber Gambar:

https://www.designboom.com

(featured image) http://thenewswheel.com