Mobil Earth-1 Perpaduan Origami dan Robot

0
94

Hallo NextGeners, jika kemarin STEM-Z membahas mobil yang dapat dilipat yaitu Go City, kali ini STEM-Z akan membahas sebuah mobil yang memiliki konsep dapat melipat, tetapi mobil ini terlihat seperti sosok karakter Transformers, mobil ini dapat menyiapkan dirinya untuk parkir walau di lahan parkir yang sudah sempit.

Mobil yang bernama Earth-1 ini adalah mobil yang dirancang oleh Kunio Okawara yang berasal dari Jepang, jika NextGeners kenal anime Gundam, Kunio Okawara ini adalah seorang seniman dibalik serial TV Gundam, mobil ini juga terinspirasi dari seni melipat Jepang yaitu Origami dan juga terinspirasi oleh robot Transformers yang mana dapat berubah menjadi mobil atau binatang dan kembali lagi ke bentuk semulanya. Earth-1 ini dibuat oleh perusahaan Four Link Systems, mereka berharap Earth-1 ini akan mendapat persetujuan untuk berkendara di Jalan pada bulan Maret 2018.

Four Link Systems mengatakan bahwa tujuan mereka menjual 300 mobil per tahun untuk penggunaan di sekitar bandara atau di tempat-tempat wisata. Hiroomi Kinoshita selaku sebagai President & Chief Executive Officer di Four Link Systems telah bekerja untuk menciptakan kendaraan cerdas generasi baru sejak tahun 2008.

“Kami mengembangkan kendaraan yang membuat pengemudi merasa seolah-olah mengarahkan sesuatu yang bukan mobilnya,” kata Kinoshita seperti dilansir dari uk.businessinsider.com. Itulah sebabnya mereka meminta Okawara dari TV Series Gundam untuk merancang kendaraan tersebut, yang juga bertujuan untuk generasi baru pengemudi muda.

“Yang terpenting, kami juga ingin mengetahui bagaimana cara menarik orang yang jarang membeli mobil dan mendorong mereka untuk mulai mengemudikan mobil. Jadi, kami mengembangkan kendaraan yang membuat pengemudi merasa seolah-olah mengarahkan kemudi ke sesuatu yang bukan mobil. Bentuk robot terinspirasi yang membuat orang merasa seperti sedang mengoperasikan robot saat mengemudi, “kata Kinoshita.

Dengan kehadiran mobil ini diharapkan juga dapat mengurangi penggunaan lahan parkir. Lahan parkir di jaman sekarang sudah menjadi salah satu permasalahan di kota-kota, karena lahan parkir yang tersedia sempit, tetapi jumlah kendaraan terus meningkat, dengan hadirnya Earth-1 yang mampu menyesuaikan ruang parkir, pastinya tidak akan banyak memakan ruangan parkir.

Apakah NextGeners mendapatkan inspirasi setelah melihat kendaraan Earth-1 ini? Jika NextGeners memiliki ide inovatif membuat sebuah desain produk maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

 Sumber Referensi:

http://uk.businessinsider.com/this-japanese-transforming-car-folds-so-you-can-park-in-tight-spaces-2017-12/?IR=T

http://www.straitstimes.com/asia/japanese-folding-car-could-solve-parking-space-problem

http://bgr.com/2017/12/28/foldable-car-video-earth-1-transformer-vehicle/

Sumber Gambar:

https://www.thesun.co.uk /©Reuters