Apakah NextGeners sudah mendengar kabar mengenai inovasi terbaru yang dibuat oleh Alibaba? Belakangan ini terdapat kabar baik dari Alibaba Machine Intelligence Technologies yang memperkenalkan sebuah teknologi cerdas yaitu speech interacttion yang mana memiliki target pasar untuk kafe dan restoran sebagai alat pemesanan pintar.
Mesin cerdas ini akan memproses pesanan pelanggan dan menampilkan pesanan pelanggan di layar dalam hitungan detik. Seperti yang dijelaskan oleh Head of Intelligent Speech Interacton di Alibaba Machine Intelligence Technologies yaitu Zhijie Yan, solusi speech interaction multimodal ini didukung oleh kemampuan untuk memahami bahasa lisan. Sehingga mesin ini dapat digunakan untuk pemesanan makananan dan minuman, bahkan juga dapat diaplikasikan untuk pelayanan konsumen, perintah suara untuk perangkat rumah dan mobil pintar dan dapat menjawab pertanyaan di pusat perbelanjaan atau bandara dalam bentuk audio. Sebagai aplikasi di kafe dan restoran, pelanggan juga dapat mengubah pesanan mereka sebanyak yang mereka mau dan mesin akan menerima seluruh perubahan lalu memperbarui pesanan mereka.
Mesin ini bisa muncul berkat dari tim riset loh NextGeners! Tim riset melakukan riset terbaru mengenai pemahaman bahasa lisan, yaitu sebuah bidang penelitian yang melibatkan pemrosesan ucapan dan pemrosesan bahasa alami. Pertama, tim riset mengembangkan solusi interaksi bicara mulimodal yang dapat menangkap fitur suara dan visual, seperti tempo bicara, jeda antarkata, lafal, napas, dan ekspresi wajah. Kemudian tim membangun model pembelajaran yang disempurnakan, yang mampu merevisi dan mendeteksi maksud dari kalimat yang diucapkan. Seluruh aspek ini sangat penting di bidang pemahaman bahasa lisan sehingga penerapan teknologi ini dapat diaplikasikan untuk kebutuhan pemasaran.
Kira-kira seperti apa skema pemesanan dengan mesin pintar ini ya? Berikut ini contoh ketika pelanggan ingin membeli minuman.
Pelanggan: saya mau memesan dua gelas cappucino ukuran besar. Oh, tolong kurangi gulanya tanpa kafein. Saya mau kopinya untuk dibawa pulang. Maaf seharusnya tiga gelas cappucino, dua ukuran besar dan satu ukuran kecil.”
Kemudian mesin akan menampilkan pesanan tersebut dengan keterangan seperti berikut: Yaitu dua gelas besar dan satu gelas kecil cappucino tanpa kafein, semua dengan gula sedikit, dan untuk dibawa pulang.
Canggih ya mesin pintar ini. Zhijie Yan menambahkan dengan mesin pemesan pintar sebagai contoh proyek, kami percaya solusi ini dapat meningkatkan pengalaman konsumen dan membantu pengusaha mengelola bisnis dengan lebih efisien. Mesin tersebut juga diharapkan akan beroperasi di pasaran dalam beberapa bulan ke depan dan solusi ini akan tersedia di Alibaba Cloud untuk membantu UKM. Solusi ini untuk sementara hanya tersedia untuk konsumen berbahasa Mandarin.
Hebat ya NextGeners inovasi yang dibuat oleh Alibaba ini, teknologi dibidang mesin cerdas memang akan terus berkembang dan berlanjut, makin banyak pastinya persaingan untuk menghasilkan inovasi yang menarik. Apakah NextGeners juga tidak ingin kalah dengan yang lain untuk menciptakan inovasi di bidang mesin cerdas? kalau begitu STEM-Z tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.
Sumber Referensi:
https://www.wartaekonomi.co.id/read182222/alibaba-kenalkan-mesin-pintar-untuk-pesan-di-kafe.html
https://teknologi.inilah.com/read/detail/2458759/alibaba-kenalkan-mesin-pintar-untuk-restoran
Sumber Gambar: