Menjadi Mahasiswa Istimewa dengan Ikut Program Co-Operative Education

0
43

Karena hidup itu pilihan. Ya, mereka rela memilih tidak libur hanya karena ingin ikut program co-op. Aneh! Padahal periode libur pasca satu semester kuliah adalah sebuah cita-cita kebanyakan mahasiswa. 

Co-operative Education Program atau lebih dikenal dengan sebutan program co-op merupakan salah satu program unggulan yang ditawarkan oleh STEM Prasetiya Mulya. Program co-op di STEM Prasetiya Mulya sendiri sudah ada sejak 2017.  Melalui program co-op mahasiswa berkesempatan magang di Industri selama 1 tahun. Menariknya, mahasiswa tidak hanya berkesempatan magang di Industri Nasional tapi bisa juga magang di Industri Internasional.

Program co-op hadir sebagai bentuk terobosan yang harapannya memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dari para mentor profesional di Industri. Sehingga saat lulus nanti mereka sudah lebih siap untuk terjun ke dunia industri dan tentunya memiliki skillset yang sesuai dengan kebutuhan industri itu sendiri.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengalaman magang yang ditawarkan program co-op menjadi daya tarik bagi mahasiswa.

“Pas tau ada program co-op itu sebenernya excited banget sih…” ungkap Cyntia Clarissa salah satu mahasiswa co-op dari Business Mathematics 2019.

Menurutnya, program co-op memberikan banyak nilai plus kepada mahasiswa. Dengan adanya co-op ini mahasiswa tidak hanya sekedar belajar tentang teori dibangku perkuliahan saja tapi bisa langsung mempraktikannya sehingga dapat insight langsung pengaplikasian teorinya itu sendiri.

“…karena selama ini di universitas kita mostly belajar teori nya aja, jadi kalau kerja tuh kita bisa langsung praktekin sehingga lebih ngerti cara pengaplikasiannya didunia kerja,” ujarnya.

Selain itu, ketika ikut program co-op mahasiswa berkesempatan kenal dengan orang-orang berpengalaman di Industri dan bisa menyerap ilmunya. Pengalaman ini tentu tidak bisa didapatkan hanya sekedar belajar teori saja.

“Saya percaya kalau perusahaan pas rekrut karyawan, pasti akan lebih ngeliat orang-orang yang sudah berpengalaman, dan co-op ini menurut saya benar-benar program yang bagus dan beneficial banget buat mahasiswa,” pungkasnya.

Hal yang membedakan program co-op dengan magang pada umumnya terlihat dari tanggungjawab yang didapatkan oleh mahasiswa. Mahasiswa co-op akan lebih banyak dipercaya melakukan banyak hal dan diberikan ruang belajar hal baru as an employee not just as an intern. Karena sifat magang mahasiswa co-op sendiri adalah magang berbayar. Dimana mahasiswa berkesempatan mendapatkan salary atas kinerjanya selama magang.

FYI, tidak banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mempunyai program co-op.

Penulis: Listiady Gustian

Responden: Cynthia Clarissa– Mahasiswa Business Mathematics 2019