Menikmati Google Lens di Tiap Perangkat Android

0
61

Apakah NextGeners sudah mengenal aplikasi cerdas milik Google satu ini? aplikasi ini pertama kali dipamerkan dalam Google I/O 2017. Google Lens merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan fungsi kamera dengan kecerdasan buatan, saat peluncurannya di tahun lalu Sundar Pichai selaku CEO dari Google mengatakan jika Lens akan mengubah fungsi kamera ponsel cerdas ke level yang jauh lebih tinggi.

Saat peluncuran awalnya, Google Lens hanya tersedia di perangkat Pixel milik Google, namun di tahun ini akhirnya memberikan Google Lens untuk perangkat Android lain melalui Google Photos. Kabar gembira ini diumumkan oleh Google melalui akun twitter resmi Google Photos pada 6 Maret 2018. Jadi jika NextGeners ingin menikmati Google Lens pada perangkat androidnya, terlebih dahulu harus terinstal Google Photos versi terbaru.

Di aplikasi versi terbaru dari Google Photos, terdapat sebuah pilihan berupa ikon Lens untuk menganalisa foto. Tergantung dari obyek apa yang dikenali oleh Lens melalui foto, Google Photos akan menampilkan sejumlah card berisi informasi yang relevan tentang obyek tersebut.

Contoh dari penggunaan Google Lens misalnya ketika pengguna perangkat Android memindai kartu nama, Google Lens akan mengenali informasi yang tertera pada kartu nama tersebut seperti nama, nomor telepon, alamat rumah, alamat email dan kemudian disimpan dalam daftar kontak di ponselnya. Contoh lainnya seperti ketika pengguna mengambil gambar bunga, Google Lens akan memberikan informasi berupa jenis bunga yang difoto hingga toko bunga terdekat yang menjual bunga tersebut.

Menurut Sundar Pichai Google Lens menciptakan algoritma yang memungkinkan kamera perangkat Android tidak hanya membidik apa yang dilihat, tetapi juga akan menangkap momen apa yang dibidiknya. Maka dari itu untuk memaksimalkan fungsinya agar semakin cerdas, Google Lens dibantu dengan Google Assistant yang akhirnya Google Lens bisa mengidentifikasi objek apa yang hendak difoto.

Tapi untuk sementara ini belum semua pengguna Android di berbagai negara sudah mendapatkan Google Photos versi terbarunya (yang sudah dilengkapi dengan fitur Google Lens). Pembaruan Google Photos memang disalurkan secara bertahap, seperti yang dirangkum oleh KompasTekno dari 9to5Google, selain perangkat Android, Google juga akan menjanjikan Google Lens akan segera hadir di platform iOS (iPhone), namun untuk tanggalnya masih belum bisa disebutkan.

Memang yang namanya teknologi Kecerdasan Buatan /AI tidak ada habisnya menghasilkan produk-produk yang inovatif bagi masyarakat, selalu ada saja yang baru dan sangat membantu masyarakat. Tertarik untuk menghasilkan produk aplikasi yang inovatif ? jika iya maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Sumber Referensi:

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/07/12375637/kamera-pintar-google-lens-disebar-ke-semua-android

http://tekno.liputan6.com/read/3350882/kamera-pintar-google-sambangi-smartphone-android-selain-pixel

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170518130251-185-215697/google-lens-perkawinan-kamera-ponsel-dan-kecerdasan-buatan

Sumber Gambar:

http://www.businessinsider.sg

https://9to5google.com