Menghilangkan Rasa Cemas Dengan Makanan Fermentasi

0
34

Pernahkah kalian merasa cemas dan begitu khawatir saat di tempat umum? Pasti pernah ya, hal tersebut sangat manusiawi loh. Kecemasan sosial menurut American Psychiatric Association (APA) adalah ketakutan yang menetap terhadap sebuah (atau lebih) situasi sosial yang terkait berhubungan dengan performa, yang membuat individu harus berhadapan dengan orang-orang yang tidak dikenalnya atau menghadapi kemungkinan diamati oleh orang lain, takut bahwa dirinya akan di permalukan atau dihina. Begitu mengerikan ya kalau dilihat arti dari kecemasan sosial ini, namun menurut informasi jika kita mengkonsumsi makanan fermentasi bisa menghilangkan rasa cemas tersebut loh, emang bisa ya? Yukk lanjut baca agar dapat jawabannya.

Penelitian ini dilakukan oleh Profesor Psikologi W & M, Matthew Hilimire dan Catherine Forestell bergabung dengan asisten Profesor University of Maryland School of Social Work, Jordan DeVylder untuk menyelidiki kemungkinan hubungan antara makanan fermentasi yang mengandung probiotik dan kecemasan sosial. Para peneliti menemukan bahwa orang dewasa muda yang mengkonsumsi lebih banyak makanan fermentasi memiliki gejala kecemasan sosial yang lebih sedikit, dengan efek yang terbesar terjadi pada mereka yang berisiko genetik untuk gangguan kecemasan sosial, yang diukur dengan adanya neurotisisme. Neurotisisme ini menggambarkan seseorang yang memiliki masalah dengan emosi yang negatif seperti rasa khawatir dan rasa tidak aman.

Beberapa contoh makanan fermentasi yang disarankan itu misalnya susu, keju, yogurt, tempe,kimchi ataupun acar. Makanan fermentasi tersebut mengandung probiotik. Zat probioitik ini akan berperan dalam mengubah kondisi di dalam usus. Kondisi usus ini nantinya yang juga menentukan tingkat kecemasan diri kita.

“Sangat mungkin bahwa probiotik dalam makanan fermentasi dapat menguntungkan karena mengubah lingkungan dalam usus, dan perubahan dalam usus pada gilirannya akan mengurangi kecemasan sosial,” ungkap Hilimire yang dilansir dari University og Maryland, Baltimore. Ia juga menambahkan “Saya berpikir bahwa benar-benar menarik karena mikroorganisme dalam usus anda dapat mempengaruhi pikiran anda.”

Untuk sampai tahap penemuan ini, para peneliti melibatkan sekitar 700 orang untuk mengetahui tingkat konsumsi probiotik (makanan fermentasi) seperti kimchi dan acar. Selain dari makanan fermentasi ini peneliti juga mengatakan jika dengan olahraga rutin juga dapat mengurangi tingkat kecemasan sosial. Penelitian ini sudah diterbitkan dalam jurnal Psychiatry Research.

Ternyata apa yang kita makan ternyata mempengaruhi emosi pada diri kita dan pola hidup sehat memang harus kita jalankan juga loh, seperti ungkapan “Di dalam tubuh yang kuat tedapat jiwa yang sehat”.

 Sumber Referensi:

http://www.bhataramedia.com/5178/konsumsi-makanan-fermentasi-probiotik-turunkan-kecemasan-sosial/2015/06/17/

http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Makanan-Fermentasi-Ternyata-Bisa-Turunkan-Kecemasan

http://republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/15/06/16/nq04h5-makanan-fermentasi-bantu-atasi-rasa-cemas

 Sumber Gambar:

http://blog.tribunjualbeli.com