Mengenal DAW, Software para Musisi

0
62

Pernahkah NextGeners mendengar kata DAW? Jika kalian hobi dalam bermusik mungkin tidak terdengar asing dengan kata tersebut. DAW yang memiliki kepanjangan dari Digital Audio Workstation adalah sistem elektronik yang satu-satunya dirancang untuk proses rekaman, editing dan play back digital audio. DAW ini merupakan program atau software komputer.

DAW ini terdiri dari beberapa komponen untuk bisa menjalankannya, komponen tersebut terdiri dari komputer, Sound Card (dikenal juga dengan sebutan sound converter atau audio interface), digital audio software, dan juga satu perangkat input yang berguna untuk menambahkan atau memodifikasi data note musical.

Dengan adanya DAW ini sangat membantu para komposer dalam mengolah sebuah musik. Awalnya DAW tidak hanya dirancang untuk memutar sampel suara yang dibuat, tetapi dibuat juga untuk merekam, mengedit dan memutar kembali track audio digital.

DAW ini tidak hanya tersedia untuk komputer  saja, tetapi software dari DAW juga tersedia untuk smartphone, walau tampilan dan fungsi nya lebih sederhana dibandingkan DAW pada komputer. DAW yang disebut dengan Mobile Audio Workstation, biasanya digunakan oleh para jurnalis untuk melakukan proses rekaman saat wawancara dan mereka langsung melakukan proses pengeditan langsung di TKP wawancara.

Dalam software DAW terdapat Plug-ins yang merupakan bagian dari software tersebut, Plug-ins itu sendiri terdapat beragam jenis dan memiliki kegunaan serta keunikannya. Fungsi umum nya yaitu untuk distorsi, resonator, equalizer, synthesizer, compressor, dll. Untuk menciptakan suara yang berbeda.

Sudah banyak software DAW yang ada dipasaran, software DAW tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Beberapa diantara dari software DAW yaitu Image-Line Studio, Ableton Live, ProSonus Studio One, Steinberg Cubase, Propellerhead Software Reason dan lain-lain. Sedangkan untuk Mobile Audition Workstation tidak kalah juga, karena sudah banyak aplikasi-aplikasi tersebut bagi pengguna smartphone Android maupun iOS beberapa di antaranya adalah FL Studio Mobile, Steinberg Cubasis, Garageband, SunVox, Lemur dan lain-lain.

Jenis musik EDM (Electronic Dance Music) merupakan salah satu jenis musik yang syarat akan penggunaan software DAW ini, selain itu pemanfaatan dari musik DAW juga dapat digunakan untuk menghasilkan musik instrument yang sangat baik untuk terapi.

Seru bukan NextGeners dengan software seperti ini kita bisa menciptakan musik dengan sentuhan teknologi, NextGeners juga bisa memanfaatkan teknologi DAW ini untuk menghasilkan produk yang inovatif.

Jika NextGeners tertarik akan dunia software, maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Enterprise Software Engineering.

 Sumber Referensi:

https://qubicle.id/story/studio-session-1-apa-itu-daw

http://www.academia.edu/4857282/DIGITAL_AUDIO_WORKSTATION_DAW_

http://slideplayer.info/slide/3985952/

Sumber Gambar:

(featured image)https://www.innercircleproducer.com

http://scf.usc.edu

https://id.pinterest.com