Mengenal apa itu Bitcoin

0
25

Belakangan ini banyak para netizen membahas kata Bitcoin, banyak beberapa teman yang  sering membahas Bitcoin di dalam forum-forum atau grup di social messenger . Apakah NextGeners pernah mengalaminya juga? Namun sebeneranya apa itu Bitcoin dan kegunaanya untuk apa? Kali ini STEM-Z akan membahas mengenai Bitcoin, jika kalian penasaran maka simak artikel ini sampai habis ya.

Menurut wikipedia Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer to peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana departemen keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdeselentralisasi.

Dilansir dari halaman kompas, Bitcoin mulai populer sejak tahun 2014 lalu, mata uang digital ini cukup fluktuatif. Hal ini membuatnya menjadi tren serta pilihan baru bagi transaksi di dunia internet. Bisa dianalogikan dengan “tambang emas” (atau logam mineral berharga lainnya)”. Mata uang digital ini memiliki sistem yang jauh berbeda dari uang konvensional.

Bitcoin baru diciptakan dengan proses yang disebut dengan Mining. Para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks dalam menemukan block baru Bitcoin. Sebagai hadiahnya, penemu akan di beri hadiah sejumlah Bitcoin. Setiap ditemukan 1 block, pada awalnya akan memperoleh hadiah 50 BTC (Bitcoin). Kemudian 25 BTC per block dan selanjutnya akan berkurang seiring dengan bertambahnya sirkulasi. Sistem telah memastikan bahwa jumlah maksimal Bitcoin yang berdar di dunia adalah 21 juta BTC sehingga tifak akan terjadi inflasi.Lalu apa saja kelebihan dari Bitcoin ini? dilansir dari techinasia, berikut adalah kelebihan yang dimiliki dari bitcoin:

  • Bitcoin menggunakan sistem desentralisasi. Tidak ada satu pihak yang mengatur (seperti bank) karena semua orang berpartisipasi dalam prosesnya. Ini berarti tidak ada pihak yang bisa memutuskan satu pihak atau membuat kebijakan baru yang memberatkan pemilik mata uang ini. Sebagai contoh sebuah Bitcoin address tidak dapat dibekukan oleh sebuah pihak.
  • Pembeliannya mudah. Tidak seperti bank yang membutuhkan langkah-langkah dan dokumen, kamu bisa mempunyai Bitcoin dalam 5 menit saja.
  • Kerahasiaan terjaga. Ini mungkin tidak sepenuhnya benar, lagi pula tidak ada sistem yang sempurna. Seseorang dapat membuat Bitcoin Address tanpa menyediakan nama atau alamat. Bayangkan kamu dapat membuat rekening tanpa nama atau alamat, dan langsung mendapat nomor rekening yang aktif.
  • Transparan. Uniknya adalah di saat yang bersamaan, semua orang dapat melihat dan memiliki catatan jurnal. Akan ada informasi Bitcoin address dan berapa jumlahnya. Tapi tidak akan ada informasi siapa pemilik Bitcoin address tersebut.
  • Pengiriman Bitcoin sangat cepat, serta tanpa syarat maupun batasan transfer.
  • Biaya transfer Bitcoin juga sangat-sangat kecil, dan tidak mempunyai biaya-biaya administrasi.

Namun di beberapa negara masih ada yang melarang penggunaan dari bitcoin ini. jika dilihat Bitcoin memang memiliki banyak kelebihan, mungkin kita hanya menunggu waktu saja agar nantinya seluruh dunia dapat menggunakan bitcoin.

Sekarang NextGeners sudah mengenal dengan Bitcoin kan? Apakah NextGeners juga ingin menambang bitcoin? Atau kalian juga ingin menciptakan sebuah mata uang digital juga atau sejenisnya ? maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Digital  Business Technolog.

Sumber Referensi:

https://www.finansialku.com/manfaat-bitcoin/

https://id.wikipedia.org/wiki/Bitcoin

https://id.techinasia.com/fakta-penting-tentang-bitcoin

Sumber Gambar:

https://smartereum. com