Menelaah secara logis tentang cara memimpin

2
261

Menelaah secara logis tentang cara memimpin

Pemimpin bukan saja orang yang duduk di bangku pemerintahan yang mengurus tentang masalah negara dan kependudukan semata. Namun pemimpin juga dapat dikatakan sebagai orang yang mampu mengatakan “Ya” saat yang lain mengatakan “tidak” dengan alasan yang logis dan dapat ditelaah baik dengan logika manusia. Di dunia ini akan sangat banyak ditemui para pemimpin, janganlah berpandang terlalu jauh. Lihat saja sosok seorang ayah dalam kehidupan kita dan tentang bagaimana seorang kepala desa dan seorang pimpinan pada tempat suci mengayomi masyarakatnya dengan baik. Dan dari sedemikian banyak pemimpin di dunia ini, ada 4 cara yang dapat dilakukan untuk melakukan tindakan leadership, diantaranya adalah:

  • Lead by showing: Lead by showing apabila ditelaah akan memiliki arti: memimpin dengan memperlihatkan. Apakah magsudnya?, lead by showing bermagsud agar pemimimpin mampu menerapkan hal-hal positif dan melakukannya terlebih dahulu, agar masyarakat memiliki rasa empati untuk mengikuti tindakan baik seorang pemimpin. Apabila seorang pemimpin hanya berbicara saja di podium tanpa melakukan apa yang ia katakana, hal ini bisa disebut NATO (No Action Talk Only) dan kebanyakan dari masyarakat tidak menyukai hal ini dan secara terang-terangan bisa mengatakan”Pemimpin saya saja tidak pernah melakukannya, maka haruskah saya menuruti perintahnya?”. Maka dari itu penting bagi seorang pemimpin untuk menjadi orag terdepan dalam memulai hal-hal positif untuk diikuti oleh orang yang dipimpinnya.
  • Lead by guiding: Guiding?, dalam dunia pariwisata Guiding secara singkat biasa diartikan sebagai tindakan mengarahkan para wisatawan ke tempat tujuan mereka. Para pemimpin tentunya harus bisa memiliki sifat semacam ini, agar nantinya orang yang dipimpinnya mencapai tujuan yang ia inginkan demi kesejahteraan bersama, dan apabila hal ini tidak dimiliki seorang pemimpin maka akan sama saja ketika anda pergi dari ke suatu tempat tanpa tau arah dan rambu lalu lintas, yang tentunya akan menyebabkan kita tersesat. Sehingga hendaknya menjadi seorang pemimpin agar mampu mengarahkan dan mengayomi rakyatnya demi suatu tujuan yang ingin mereka capai bersama.
  • Lead by inspiring: TV tentang bagaimana seseorang yang buta bisa mengispirasi jutaan orang buta lainnya agar tidak menyerah dalam menjalani kehidupan ini. Dan masih ada berbagai contoh lainnya yang bisa dilihat. Dan dari hal ini bisa didapatkan kembali bahwa pemimpin itu adalah orang yang minginsipirasi dunia untuk tidak pernah menyalahkan takdir dan selalu berusaha melakukan hal terbaik di sela-sela kekurangannya.
  • Lead by reaching succesfull:

 

 

Dan itulah beberapa cara memimpin yang bisa diterapkan, dan Ingatlah bahwa pemimpin bukanlah ia yang hanya duduk untuk memandangi masalah, tapi ialah yang terjun dan berfikir tentang bagaimana cara mengatasi suatu masalah sehingga masyarakat atau ornag yang dipimpinnya akan mengalami kemajuan di bawah kepemimpinannya.

2 COMMENTS