Mendapatkan Madu Alami Dari Dispenser Madu

0
58

NextGeners apakah pernah melihat cara memanen sebuah madu dari sarang lebah? Jika kalian sudah pernah melihatnya pasti cara memanennya sedikit merepotkan, kita harus menunggu waktu yang tepat, menggunakan pakaian khusus, ditambah kita juga harus mengasapi sarang lebah tersebut agar para lebah keluar dari sarang lebah. Cara konvensional tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan kurang efisien, namun untuk mengatasi hal tersebut sepasang ayah dan anak asal Australia membuat sebuah alat bernama Flow Hive 2.

Stuart Anderson dan sang anak Cedar Anderson berasal dari keluarga yang secara generasi meneruskan peternakan lebahnya, pada awalnya sudah ada alat bernama Flow Hive, namun mereka mendesain ulang Flow Hive dari awal dengan menambahkan banyak fitur baru, mereka terinspirasi dari masukan-masukan yang didapat dari pelanggannya saat menggunakan Flow Hive versi pertama.

Flow Hive 2 adalah sarang lebah yang menawarkan honey on tap, jadi ketika pengguna ingin memanen madu tinggal memasukan sisipan dan madu akan segera mengalir langsung dari sarang lebah tanpa perlu mengusir ataupun mengasapi para lebah. Flow Hive 2 merupakan sebuah penemuan untuk peternakan lebah yang paling revolusioner di peternakan lebah Langstroth sejak tahun 1852. Flow Hive 2 terdiri dari bingkai-bingkai, bingkai-bingkai tersebut sebagiannya dibuat sarang lebah, lebah akan menyelesaikan sel-sel nya dan ketika tiba waktunya untuk memanen madu, tinggal memasukkan sisipan ke dalam Flow Hive 2 dan putar pegangan untuk membentuk saluran di dalamnya, kemudian madu akan mengalir ke dalam toples. Beberapa jam kemudian para lebah akan menyadari jika sarang lebah mereka kosong dan para lebah akan segera kembali bekerja untuk mengumpulkan madu.

 

 

 

 

 

Flow Hive 2 memiliki fitur sarang yang dapat diatur sehingga memudahkan pemasangan di tanah yang tidak rata. Baki multi fungsi akan membantu peternak lebah menangkap hama. Pegangan yang lebih dalam, sistem kontrol ventilasi, rak panen, dan jendela pengamanan di kedua sisi termasuk upgrade lain ke sarangnya. Dengan Flow Hive 2 ini peternak lebah bisa mendapatkan sekitar lima setengah sampai enam ons di setiap madu nya.

Dengan adanya Flow Hive 2 akan jauh lebih mudah bagi peternak lebah dan jauh lebih baik juga untuk para lebah (karena tidak diasapi). Ini akan membuat panen madu sesederhana memutar sebuah keran dan madu segar segera mengalir ke toples dari masing-masing Flow Frame, karena itu sama sekali tidak di proses, rasa jauh lebih enak.

Bagaimana NextGeners seru tidak membuat sebuah desain produk yang inovatif? Jika NextGeners juga memiliki ide dan ingin berkarya membuat sebuah desain produk maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

https://www.indiegogo.com/projects/flow-hive-2-innovation#/

https://inhabitat.com/redesigned-flow-hive-2-snags-whopping-13-6-million-on-indiegogo/

http://uk.businessinsider.com/the-flowhive-2-beehive-has-raised-almost-10000000-on-indiegogo-honey-tap-2018-3/?IR=T

Sumber Gambar:

https://www.honeyflow.com/