Mencuci Dengan Mesin tanpa Listrik & Hanya 5 Menit

0
55

Berapa lama waktu yang NextGeners habiskan untuk mencucui sebuah pakaian? Entah mencuci menggunakan tangan maupun mencuci menggunakan mesin cuci pasti rata-rata menghabiskan waktu lebih dari 5 menit dan juga membutuhkan air yang cukup banyak, ditambah lagi jika kalian menggunakan mesin cuci pasti juga memakan penggunakan energi listrik, namun bagaimana jika ada sebuah mesin cuci yang tidak menggunakan listrik dan mampu membersihkan pakaian dengan cepat? Seperti pergabungan mencuci secara manual dan mesin cuci listrik? Jawabannya ada, dan namanya adalah Gentlewasher.

Gentlewasher merupakan sebuah produk yang inovatif yang dibuat oleh perusahaan di Belanda yang dibuat oleh Coen dan Kathak. Bagaimana tidak dibilang produk yang inovatif? Mesin cuci ini tanpa menggunakan energi listrik sama sekali, hanya membutuhkan air sekitar 4,7 galon saja. Mesin tersebut mampu menampung pakaian sebanyak 12 kaos ataupun 8 pakaian dress, semua di proses hanya dalam waktu 5 menit saja dan cukup menggunakan satu sendok deterjen.

Lalu apakah menggunakan mesin cuci ini pakaian tetap bersih dan mengakibatkan kerusakan? Mesin ini sangat aman dan mampu membersihkan dengan sangat baik, mesin cuci ini diklaim dapat memperpanjang umur pakaian. Gentlewasher dirancang dengan bentuk lubang yang menyerupai sebuah sarang lebah, dimana berfungsi untuk menghasilkan lapisan air pelindung yang berguna agar pakaian tidak akan bersetuhan dengan perlengkapan drum di dalam mesin cuci tersebut. bahkan pihak Gentlewasher juga mengatakan perangkat mesin cuci mereka adalah yang paling bersahabat dan paling lembut untuk pakaian.

Penggunaanya cukup mudah, pastinya kalian pisahkan pakaian yang akkan dicuci, kemudian isi Gentlewasher dengan air dan masukkan satu sendok detejen, kemudian masukkan pakaian yang akan dicuci, jika sudah kalian tinggal memutar pengayuh nya yang hanya membutuhkan waktu 2 menit, 2 menit berikutnya digunakan untuk membersihkan pakaian dari busa deterjen dan jika sudah air dapat dibuang. Cukup mudah dan efisien kan NextGeners.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa misinya adalah “mengembangkan perangkat cuci yang terjangkau bagi orang-orang di seluruh dunia”, karena lima miliar orang diseluruh dunia masih belum memiliki akses ke mesin cuci dan harus menghabiskan berjam-jam mencuci pakaian.

Sungguh inovasi yang sangat bagus ya NextGeners, motivasi yang dibuat juga sangat baik, dengan adanya produk seperti ini masyarakat tidak akan banyak menghabiskan energi listrik dan sumber air.

Jika NextGeners memiliki ide dan berkarya membuat sebuah desain produk maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

http://www.greeners.co/ide-inovasi/cuma-5-menit-mencuci-baju-mesin-cuci-tanpa-listrik/

https://inhabitat.com/the-zero-electricity-gentlewasher-does-the-laundry-in-five-minutes-flat/

https://www.digitaltrends.com/home/gentlewasher-laundry-indiegogo/

Sumber Gambar:

https://www.gentlewasher.com/