Mencetak Makanan Dalam Sekejap

0
83

NextGeners pasti  suka lapar di tengah malam tetapi terkadang makanan sudah habis dan tinggal ada bahan makanan mentah. Karena sudah lapar pasti pengennya enggak lama-lama buat nunggu masakan jadi. Kalau masak sendiri mesti bersih-bersih bahan makanan, memotong bahannya, dan menunggu proses masaknya. Kalau makan makanan cepat saji  kalau terlalu sering tidak sehat, mau beli di luar terlalu lama di jalannya.

Hal – hal seperti diatas biasanya masalah yang sering NextGeners rasakan ketika sudah lapar banget. Mungkin terkadang kita terbayang punya mesin seperti yang dikeluarkan Doraemon agar bisa memunculkan makanan secara singkat di depan mata. NextGeners, ternyata teknologi untuk pangan seperti itu sudah ada loh, walau gak muncul secara langsung di depan mata, tetapi sudah menyerupai.

Jawaban dari permasalahan itu adalah dengan mencetak makanan. Loh bukannya kalau mencetak itu kertas?  Iya NextGeners ternyata makanan di jaman sekarang sudah bisa dicetak. Namanya adalah Food Printer 3D. Ide awal lahirnya perangkat teknologi pangan ini berasal dari Lynette Kucsma seorang perempuan asal Barcelona, Spanyol. Menurutnya, meracik makanan merupakan hal yang merepotkan tetapi dengan adanya teknologi Food Printer 3D ini diharapkan dapat meracik bahan makanan yang masih segar sehingga sehat. Teknologi ini sudah berada di negara-negara maju seperti Jepang, Taiwan, dan negara-negara Eropa.

Cukup mudah untuk membuat makanan dengan Food Printer 3D ini, koki atau peracik makanan tinggal memasukan bahan makanan yang akan dicetak, kemudian mesin memiliki program dan Food Printer 3D akan mencetak makanan sesuai program. Mesin ini memiliki tugas masing-masing loh Nextgeners seperti mencetak makanan, membuat olahan bahan mentah, serta juga dapat memasak sesuai kematangan makanan berdasarkan program yang sudah kita sesuaikan. Durasi yang diperlukan tergantung jenis makanan yang akan kita cetak. makanan dari mesin Food Printer 3D ini dapat mencetak makanan seperti hamburger, Pizza, dan kue-kue kecil.

Kira-kira gizi dari makanan hasil cetakan ini bagaimana ya? Tenang NextGeners teknologi ini sudah memiliki program agar gizi makanan disesuaikan berdasarkan jenis makanan yang akan kita buat. Keren banget ya, sudah praktis, sehat dan bergizi juga.

Kira-kira NextGeners sudah kebayang kan gimana inovasi dari teknologi pangan ini? Ternyata sebuah inovasi teknologi dapat diterapkan ke dalam pangan juga.

NextGeners punya inovasi lain untuk industri pangan di Indonesia tidak? Kekayaan ragam bahan makanan negara kita sangat banyak , jadi sekali lagi yuk NextGeners bersama dengan STEM-Z kita buat inovasi-inovasi lainnya yang berguna dan menginspirasi.

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

Referensi:

http://www.pikiran-rakyat.com/luar-negeri/2016/07/06/6-teknologi-ini-ubah-masa-depan-makanan-373767

http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Printer-3d-Ini-Bisa-Mencetak-Makanan-Lezat

http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/12/mesin-pencetak-makanan-3d

Sumber Gambar:

(Gambar no.1) http://www.dailymail.co.uk/femail/food/article-3115027/World-s-Wi-Fi-3D-food-printer-build-fancy-decorations-cost-900.html