Membantu Tuna Netra Lewat Aplikasi Cerdas

0
31

Tidak ada habis-habisnya sebuah inovasi dilahikan dari raksasa teknologi Google, selalu saja ada hal baru yang terus mereka lakukan, dan jika NextGeners belum tahu mengenai kabar ini, kalian harus tahu mengenai kabar baik ini. Google kali ini membuat inovasi yang ditunjukkan untuk orang-orang tuna netra, inovasi yang dibuat berupa sebuah aplikasi yang sangat berguna bagi tuna netra, nama dari aplikasi tersebut adalah Lookout.

Lookout pada dasarnya adalah sebuah aplikasi navigasi yang dapat mendeteksi objek, aplikasi ini merupakan aplikasi yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) / Kecerdasan buatan. Ketika aplikasi ini mendeteksi sebuah objek yang ada di sekitarnya, kemudian aplikasi ini akan mengirimkan sebuah suara untuk memberitahukan tuna netra mengenai apa saja objek yang ada di sekitar mereka, misalnya “Ada sebuah kursi di arah jam 12”. Seperti yang di tulis Product Manager Google Central Accessibilty Team yaitu Patrick Clary dalam blog nya “Lookout memberikan notifikasi lisan dan dirancang untuk tunanetra agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa”.

Aplikasi Lookout ini memiliki 4 mode aktifitas pengguna, yaitu Home, Work & Play, Scan dan Experimental. Dalam mode Home aplikasi akan dapat memberitahu pengguna tentang lokasi atau letak perabotan mereka berada, pada mode Work & Play, aplikasi ini akan menginformasi benda-benda apa saja yang berada di sekitar pengguna yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan mereka. Pada mode Scan pengguna dapat meneremahkan teks yang di scan ke dalam bentuk narasi suara, sedangkan di mode Experimental, aplikasi akan menggunakan kecerdasan buatan untuk mencari tahu apa saja yang dianggap pengguna tunanetra penting dan patut didengar.

Keren ya mode dari aplikasi Lookout ini. Aplikasi ini memang belum dirilis saat ini, namun akan dirilis pada akhir tahun 2018 nanti, kita tunggu saja aplikasi ini muncul di Play Store dan App Store untuk membantu para tuna netra dalam aktifitas mereka sehari-hari. Sambil menunggu perilisan aplikasi ini, yuk NextGeners! Kalian juga dapat memberikan ide-ide inovasi kalian di sini dan juga dapat berinovasi di bidang  Software Engineering..

Sumber Referensi:

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/10/17070077/aplikasi-google-bantu-tunanetra-melihat-lewat-suara

http://jogja.tribunnews.com/2018/05/10/melalui-aplikasi-google-bantu-tuna-netra-untuk-melihat

https://tekno.dafunda.com/news/aplikasi-lookout

Sumber Gambar:

https://www.engadget.com