Melihat Inspirasi Teknologi dalam Film Ready Player One

0
37

Siapa yang sudah menonton film Ready Player One , tahun lalu STEM-Z  sudah membahas di NextGeners’ News saat trailer film ini rilis, tepat di bulan ini film yang diangkat dari novel yang memiliki judul yana sama sudah ditayangkan di bioskop-bisokop. Kebetulan STEM-Z sudah menonton film tersebut, karena hari ini adalah STEM Day untuk software maka yuk kita bahas film ini NextGeners.

Film Ready Player One merupakan sebuah film yang disutradarai oleh Steven Speilberg, film ini bertema dengan teknologi Virtual Reality di mana berlatar belakang di tahun 2045. Film tersebut menceritakan sebuah pembuat game Virtual Reality yaitu OASIS (Ontologically Anthropocentric Sensory Immersive Simulation) konsep permainannya adalah dimana para pemain harus menyelesaikan sebuah misi untuk memperoleh tiga kunci dan ketiga kunci tersebut akan membuat pemain yang memilikinya akan mendapatkan kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan game tersebut, hadiah yang menjanjikan tersebut membuat banyak orang berloma-lomba untuk menemukan ketiga kunci tersebut.

Karakter utama dalam film ini adalah Wade Watts (diperankan oleh Tye Sheridan). Permainan dimulai dengan sebuah teknologi Virtual Reality dimana para pengguna menggunakan kacamata khusus Virtual Reality (seperti HoloLens, Samsung Gear, Oculus, dsb) OASIS dimainkan oleh semua orang dan orang-orang tersebut terhubung di dalam dunia OASIS, konsepnya seperti Metaverse dimana semua oang dapat berinteraksi dengan orang dari seluruh penjuru dunia hanya melalui dunia virtual OASIS.

Karakter Wade Watts dengan avatar nya bernama Parzival

Setiap orang yang masuk ke dalam OASIS menggunakan sebuah Avatar dimana setiap pemain dapat memilih avatar yang sesuai keinginan pemainnya, seperti Wade Watts yang menggunakan nama avatar nya yaitu Parzival. Didalam dunia Virtual tersebut kita tidak boleh mengungkapkan identitas asli kita, sehingga kita harus merahasiakannya. Di dalam OASIS kita juga mengumpulkan sebuah uang koin untuk membeli sebuah item-item barang yang dapat digunakan dalam dunia virtual OASIS. Uniknya dengan uang dalam dunia OASIS karakter Wade Watts yang mendapatkan kunci pertama memperoleh uang dan hadiah, Wade pun membeli sebuah perangkat penunjang yang digunakan dalam dunia nyata, Wade membeli sebuah pakaian yang membuatnya dapat merasakan dampak yang terjadi di dunia virtual di dalam dunia nyata, pastinya pakaian tersebut menggunakan teknologi sensor.  

Film yang mendapatkan rating 8/10 dari ImDb sangat layak ditonton bagi kalian yang menyukai game, teknologi, dan pop culture, STEM-Z menyimpulkan banyak teknologi dalam film tersebut yang masih belum terwujud di dunia nyata namun sedang dalam pengembangan contohnya pakaian yang menggunakan sensor, konsep permainan yang dapat interaksi dalam dunia virtual.

Itu STEM-Z tidak bahas semua karena tidak ingin memberikan spoiler kepada NextGeners. Selagi besok akhir pekan, yuk yang belum menonton agar menonton film tersebut bersama teman-teman dan mendapatkan banyak inspirasi dari film Ready Player One, barangkali setelah menonton film tersebut NextGeners juga bisa mendapatkan ide inovasi dalam dunia software.Jika kalian mendapatkan inspirasi dan tertarik dengan  software, maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Sumber Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Ready_Player_One_(film)

http://www.imdb.com/title/tt1677720/

http://readyplayeronemovie.com/

Sumber Gambar:

http://www.jointhequest.io/