Melalui 3D Printing, ilmuwan ini mencetak Jantung dari sel Manusia

0
32

Jika selama ini NextGeners mendengar cetakan 3D Printing untuk pemodelan atau mencetak sebuah benda, bagaimana jadinya jika digunakan untuk cetak organ jantung yang juga memiliki sel darah dari sel manusia? Terdengar menarik dan mengejutkan pasti, bahkan ini menjadi yang pertama di dunia.

Ini adalah pertama kalinya, siapa pun di mana saja telah berhasil merekayasa dan mencetak seluruh jantung lengkap dengan sel, pembuluh darah, ventrikel dan bilik, “Ungkap Prof. Tal Dvir dari TAU’s School of Molecular Cell Biology and Biotechnology, Department of Materials Science and Engineering, Center for Nanoscience and Nanotechnology and Sagol Center for Regenerative Biotechnology, yang memimpin dalam penelitian ini.

Peluncuran 3D Printing untuk Jantung ini merupakan terobosan dunia medis yang dapat meningkatkan kemungkinan transpantasi. Meskipun masih jauh, para ilmuwan berharap suatu saat hari nanti bisa menghasilkan hati yang cocok untuk transplantasi ke manusia serta tambalan untuk meregenerasi jantung yang rusak.

Prof. Dvir mengatakan “Jantung ini terbuat dari sel manusia dan bahan biologis khusus pasien. Dalam proses kami, bahan ini berfungsi sebagai bioinks, zat yang terbuat dari gula dan protein yang dapat digunakan untuk mencetak 3D model jaringan kompleks.”

Seperti yang kita tahu, transplantasi jantung saat ini merupakan satu-satunya pengobatan yang tersedia untuk pasien dengan gagal jantung stadium akhir. “kami perlu mengembangkan hati yang tercetak lebih jauh,” ungkap Prof. Dvir. “Sel-sel perlu membentuk kemampuan memompa, mereka saat ini dapat berkontraksi, tetapi kami harus membuat agar mereka bekerja bersamaan, harapan kami adalah bahwa kami akan berhasil dan membuktikan keberhasilan dan kegunaan metode kami”.

Walaupun memang saat ini belum siap digunakan, namun kita tunggu saja NextGeners mengenai penemuan inovatif ini, sehingga kedepannya dapat membantu mereka yang terkena gagal jantung. Sambil kita menunggu, apakah NextGeners punya ide inovatif juga terkait pemodelan seperti jantung 3D Printing?

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

https://www.dw.com/

https://www.cnnindonesia.com

http://jogja.tribunnews.com

Sumber Gambar:

https://teknologi.id