Mau Tagihan Listrik Lebih Murah? Gunakan Smart Home!

0
64

Pernah ga sih merasa kalau di akhir bulan, tagihan listriknya besar banget? Nah, gimana kalau konsumsi listrik kamu bisa dibatasi? Dengan teknologi kekinian yang bernama smart home alat-alat di rumah bisa dihubungkan dengan wifi, sehingga bisa diatur dari jarak jauh melalui HP. Beberapa contohnya adalah lampu, AC, sistem security, dan stop kontak. Kenapa teknologi smart home menjadi sebuah keunggulan? Salah satu contohnya adalah seringkali kamu pergi untuk bekerja atau belanja dan lupa untuk mematikan barang-barang elektronik. Dengan teknologi ini kamu bisa mengontrol hidup dan matinya sebuah alat yang juga berdampak pada tagihan listrik setiap bulan!

Dampak Pembangkit Listrik terhadap Lingkungan

Saat ini mayoritas dari masyarakat memiliki rumah yang pengaturan listriknya dilakukan secara manual, sehingga konsumsi listrik tidak bisa dipantau melalui aplikasi. Hal tersebut merupakan sebuah kekurangan karena penggunaan listrik lebih dari yang dibutuhkan sehingga jumlah energi yang terbuang sangat banyak. Kamu tahu gak bagaimana listrik dihasilkan? Pembangkit listrik membutuhkan energi fosil yang akan dibakar sehingga dapat menghasilkan listrik. Namun, yang dihasilkan tidak hanya listrik tetapi juga gas-gas berbahaya yang menyebabkan pemanasan global. Oleh karena itu, kesadaran untuk menjaga lingkungan harus ditingkatkan dengan mengurangi pemakaian listrik yang tidak dibutuhkan!

Sistem Smart Home

Nextgeners sekarang sudah paham kan kenapa harus hemat listrik? Untuk memudahkan ini, sistem smart home akan menjadi solusi untuk masalah tersebut. Apa itu smart home? Smart home merupakan sistem pengaturan yang terdapat pada rumah dimana peralatannya terhubung dengan koneksi internet, sehingga bisa diatur secara otomatis dari jarak jauh. Sistem ini memungkinkan kamu untuk mengontrol hal seperti pencahayaan, suhu, dan CCTV. Salah satu contoh keunggulannya seperti membuat pengaturan timer custom pada AC. Dari jam 10 malam sampai jam 7 pagi AC akan hidup, lalu secara otomatis akan mati sendiri jika sudah melewati jam yang ditentukan. Sistem ini mengurangi konsumsi energi dan memudahkan kamu untuk mengurangi tagihan listrik di akhir bulan! Untuk setiap alat yang terhubung, kamu bisa melihat alat apa yang membutuhkan listrik paling banyak sampai paling sedikit. 

Oleh karena itu, dengan menggunakan metode ini kita tidak hanya mempermudah kehidupan sehari-hari tetapi juga menjaga lingkungan dengan memantau kebutuhan listrik serta mengurangi biaya listrik. Menarik banget kan? Bayangkanlah berapa jumlah uang yang bisa ditabung hanya dari mengurangi konsumsi listrik. Yuk, kita lebih sadar diri dalam mengkonsumsi listrik!