Bisnis Es Krim Besutan Anak Teknologi Pangan

1
71

Live well, be well, with Wellbi” tagline andalan salah satu dari beberapa bisnis yang lahir di Universitas Prasetiya Mulya. Pandemi tidak menghalangi salah satu projek akhir program studi Food Business Technology (FBT), yaitu business development.

Tidak hanya mahasiswa jurusan bisnis yang ditantang membuat dan memulai bisnis, namun Mahasiswa FBT pun ditantang menciptakan bisnis yang menerapkan ilmu-ilmu teknologi pangan yang telah dipelajari. Wellbi, yang diinisiasi oleh Irvan, Annabelle Olga, I Kadek Juni Saputra, Siti Adiva, dan Imelda Hartin, merupakan salah satu produknya.

Wellbi dan Perbedaanya dengan produk es krim lain

Wellbi merupakan produk guilt-free ice cream rendah kalori dan lemak. Sebagian orang (akan terus meningkat) mulai sadar bahwa banyak makanan enak seperti es krim memberikan kalori yang berlebihan. Namun, mereka tidak bisa melewatkan kelembutan dari es krim yang sering menjadi self-reward maupun moodbooster bagi mereka. Alhasil mereka tetap mengonsumsi es krim di saat khilaf kemudian merasa bersalah.

Melihat fenomena tersebut, tim Wellbi memvalidasi melalui beberapa riset pasar dan melakukan formulasi produk. Titik lemah es krim rendah kalori banyak berada pada rasa dan tekstur. Karena rendahnya kadar lemak dan gula yang sangat berperan dalam membentuk tekstur es krim yang lembut. Melalui ilmu teknologi pangan yang sudah banyak diberikan di kampus, tim mampu menciptakan produk es krim yang rendah kalori, bahkan lima kali lebih rendah dari es krim normal, namun tanpa harus merubah banyak aspek kelembutan dari es krim.

Kelima mahasiswa ini tidak puas menjalankan Wellbi sebatas pemenuhan mata kuliah saja. Bersaing dengan ribuan peserta lainnya, Wellbi mampu mendapatkan pendanaan dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang merupakan kegiatan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Sebagai mahasiswa Food Business Technology merupakan hal yang unik dan menantang dalam membuat bisnis, karena mayoritas kuliah berkaitan dengan sains. Namun nyatanya melalui dasar pengetahuan itu memberikan pembeda yang jelas pada penyelesaian masalah yang dihadapi.

Ini varian rasa Wellbi yang sudah komersial

Penasaran dengan produk Wellbi atau mau ikut merasakan kenikmatan es krim rendah kalori? FYI Wellbi akan mengeluarkan rasa baru setelah sebelumnya mengoleksi tiga rasa. Rasa yang sudah terjual semenjak bulan Maret kemarin adalah Creamy Crumble yang merupakan es krim rasa vanilla dengan taburan biskuit Oreo di atasnya, Choco Fondue yang menekankan rasa coklat yang nikmat serta Moca Espresso buat kamu yang suka es krim dengan rasa kopi yang otentik. 

Tertarik? Yuk kepoin di Instagram @wellbi.icecream apalagi ada diskon buat kamu yang sudah vaksin.