Mau kerja di Kantor Akuntan Publik Big Four? Yuk Simak Kisah Alicia Juwono berikut ini!

1
36
KPMG, DELOITTE, PWC, EY big four, accountancy, montage, FTgraphic

Banyak project dan kerja dengan tim yang selalu  bervariasi merupakan salah satu fakta menarik kerja di Big Four. Big Four merupakan istilah yang sering digunakan untuk kantor akuntan publik  (KAP) yang terbesar di seluruh dunia. KAP ini menawarkan jasa terkait akuntansi  seperti audit, asuransi, perpajakan, konsultasi, advisori, aktuaria, dan corporate finance. Sesuai Namanya Big Four terdiri dari 4 perusahaan, yakni Ernst & Young (EY), Deloitte, PricewaterCoopers (PwC), dan KPMG. 

Berhasil masuk Big Four sebelum lulus merupakan anugerah  bagi Alicia Juwono. Beberapa waktu lalu, mahasiswa Business Mathematics (BM) Prasmul Angkatan 2017 ini menceritakan pengalaman menariknya. Selain bekerja dengan tim yang selalu bervariasi, kantor yang modern memberikan pengalaman menarik. Sempat bekerja di Deloitte dan PwC, Alicia merasakan suasana modern dan tempat duduk yang boleh berpindah-pindah. Selain itu, tidak ada mesin absen karena menggunakan timesheet untuk menghitung jam kerja.

Peran Co-op dalam Perjalanan Alicia

Alicia Juwono
“Mahasiswa Business Mathematics Prasmul 2017″

Tidak hanya sekali, Alicia telah magang sebanyak 3 kali dan semuanya di  Big Four. Berawal dari program co-op yang memberikan experience-based learning, mulai semester 5 Alicia telah magang di Deloitte posisi Financial Risk Advisory. Titik ini merupakan awal minatnya di bidang consulting & advisory meningkat. Di semester 7 yang merupakan periode kedua Co-op Alicia menginjakan kaki di EY untuk magang pada divisi valuation, modelling and economics. Setelah itu, saat mengerjakan skripsi pun membagi waktu untuk magang di PwC Indonesia pada divisi Financial Risk Management, ‘kecanduan’ menjalankan magang sebagai media pembelajaran dialami Alicia. 

Co-op yang merupakan salah satu program unggulan STEM Prasmul sudah sangat baik membentuk ready talent. Co-op hadir sebagai biro jodoh antara  mahasiswa dan perusahaan, seperti Alicia yang telah banyak mendapatkan dampaknya. Didampingi mulai dari tahap pencarian perusahaan hingga persiapan interview menjadi keistimewaan tersendiri menjadi mahasiswa di STEM Prasmul.

Baca Juga : Terpilih Ikut Apple Academy, Mahasiswa STEM Prasmul Ini Bocorkan Tips Lolos Seleksinya

Rahasia di Balik Kesuksesannya

Banyak faktor yang mendukung perjalanan hebat Alicia yang mengecap pengalaman bekerja di Big Four sebelum lulus. Peran personalitas, ketekunan dan kedisiplinan mungkin menjadi pendukung. Namun, skillset yang dimiliki Alicia sebagai mahasiswi Business Mathematics tidak dapat dipungkiri membantu banyak. Pemahaman statistik untuk mengolah data banyak ia gunakan saat bekerja, yang mana keterampilan ini banyak dipelajari di kelas. Penggunaan software pengolahan data seperti Ms. Excel dan  Python pun telah dikuasai.

Pengetahuan terkait  metode riset menjadi bekal membantu timnya dalam merancang penelitian. Namun, satu hal yang paling istimewa adalah pemahaman holistik mengenai dunia bisnis. Hal ini karena STEM Prasmul mengkombinasikan dua elemen, yakni STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan entrepreneurship. Hal ini didukung oleh semangat kolaborasi melalui motto Prasmul “Collaborative Learning by Enterprising.”

Tertarik mengikuti jejak Alicia Juwono? Program Co-op dan pembelajaran yang unggul di STEM Prasmul dapat membantu kamu wujudkan mimpi, seperti Alicia yang merasakan bekerja di Big Four bahkan sebelum lulus. Yuk daftarkan diri kamu! Pendaftaran gelombang 1 sudah dibuka hingga 30 Agustus 2021 ya. Jangan lupa comment dan share konten ini ke teman-teman ya!

1 COMMENT