Matematika di balik sosok Manusia Salju

0
11
Family of snowmans

Pernah terbayang jika untuk menghasilkan sosok manusia yang sempurna itu ada rumus matematika nya loh, walau negara kita memang tidak dituruni salju tapi kita sering melihat orang-orang di bagian barat sering membuat manusia salju, tapi siapa sangka dibalik pembuatan manusia salju yang baik ternyata ada rumus matematika dibaliknya.

Sosok dibalik dari pembuatan rumus untuk manusia salju adalah Dr. James Hind dari Nottingham Trent University yang membuat rumus matematika yang menjadi formula terbaik untuk manusia salju. Untuk menghasilkannya dibutuhkan tiga rangkaian bola salju untuk menghasilkan manusia salju yang sempurna.

Menurut Dr. James Hind untuk membuat manusia salju yang baik harus memiliki ukuran tinggi 1, 62 meter dengan diameter nya 30 cm, untuk kepalanya 50 cm dan tubuh yaitu 80 cm. Banyak sekali contoh manusia salju dalam dunia fiktif misalnya yang paling terkenal di kalangan anak-anak yaitu Olaf dari film Frozen, lalu manusia salju dalam film Jack Frost. Namun di antara banyak manusia salju dalam dunia fiktif, manusia salju dalam Jack Frost lah yang memiliki proposi yang sempurna, sedangkan Olaf memiliki proporsi yang tidak sempurna.

Menurut Dr. James Hind, untuk membuat manusia salju juga harus memperhatikan kesegaran, kemurnian dari salju, dan juga rasio emas. Masih ingatkan NextGeners mengenai rasio emas? STEM-Z dulu pernah membahas mengenai rasio emas sebelumnya. Rasio emas menurut Johannes Kepler adalah limit rasio keberlanjutan Fibonacci numbers, dan menggambarkan rasio emas sebagai permata berharga.

(Jack Frost karakter manusia salju yang paling proporsional)

Pengukuran manusia salju yang propsional ini mengikuti rasio emas. Selain itu manusia salju harus memiliki empat anggota badan yang berbeda, seperti lengan yang terbuat dari tongkat dan dibuat dari salju yang baru saja jatuh (dengan suhu di bawah 0 derajat celcius). Untuk wajah, mata manusia salju seharusnya tidak lebih dari dua inci juga loh, manusia salju juga tidak lepas dari hidung wortel, ternyata wortel nya juga memiliki ukuran setinggi 1,5 inch agar terlihat tampak proporsional.

Seperti yang dikutip dari halaman dailymail.co.uk Dr. Hind berkata “Ada banyak pendapat yang berbeda tentang apa yang membuat manusia salju sempurna, tetapi penelitian ini harus menyelesaikan perdebatan, karena menguraikan cetak biru definitf untuk manusia salju yang ideal menurut sains”.

Walau kita memang tidak bisa membuat manusia salju di iklim tropis dengan salju asli, mungkin NextGeners bisa membuat hal inovatif dari matematika untuk hal lainnya. Kalau begitu Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Business Mathematics.

Sumber Referensi:

http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/sains-trendtek/16/01/19/o16ioa368-ahli-matematika-temukan-rumus-untuk-buat-manusia-salju-paling-keren

http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3404856/Formula-perfect-snowman-Use-three-balls-fresh-snow-make-64-inches-tall-carrot-nose-1-5-inches-long.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Rasio_emas

Sumber Gambar:

http://i.dailymail.co.uk

https://www.ericdsnider.com

http://dogtime.com