MARS, Sang Ahli Interpreter dari LINE

0
73

NextGeners pasti tau dengan salah satu aplikasi messenger yaitu LINE, selama ini LINE lebih banyak di kenal masyarkat sebagai software messanger, tetapi ternyata LINE juga merambah ke sektor hardware juga. LINE dalam bidang hardware ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence, menciptakan sebuah perangkat yang sangat inovasi. Mereka menciptakan earbud yang mampu menerjemahkan bahasa, nama perangkat earbud tersebut adalah MARS.

Seperti yang diketahui sebelumnya, LINE Corporation mengembangkan sebuah teknologi kecerdasan buatan bernama Clova AI. Apabila sebelumnya teknologi tersebut disematkan dalam sebuah speaker pintar, kini teknologi tersebut hadir di perangkat earbud.

Perangkat canggih ini juga memenangkan penghargaan inovasi terbaik dalam kategori ‘Headphones’ di CES (Consumer Electronics Show) Unveiled yang digelar di New York, AS, pada  November 2017. Dalam penggarapan wireless bluetooth stereo earbud MARS ini, Line tidak bekerja sendirian melainkan merangkul salah satu perusahaan internet terkemuka di Korea yaitu Naver Corporation.

Earbud MARS memiliki dukungan sembilan bahasa, diantaranya Indonesia, Korea, Jepang, Inggris, Spanyol, Perancis, Thailand, serta Vietnam. Namun tidak menutup kemungkinan kalau ke depannya bakal diupgrade agar bisa menerjemahkan lebih banyak bahasa di dunia. Dilansir dari laman The Verge, earbud MARS juga memiliki kombinasi fitur yang terintegrasi, selain dengan teknologi Clova AI, earbud ini juga terdapat penghambat suara khusus. Dengan fitur tersebut,pengguna akan tetap bisa mendengarkan terjemahan walau dalam situasi yang berisik sekalipun.

Dengan mikrofon yang diletakkan di “dalam” earpiece, MARS mengenali suara pengguna secara langsung melalui saluran telinga, menghalangi suara dari luar, sehingga perintah yang diterima akan sangat akurat sesuai perintah yang diucapkan penggunanya dan pastinya untuk mengenali suara tersebut terdapat sebuah sensor khusus untuk mendeteksi ucapan seseorang, tanpa terkena pengaruh suara-suara lainnya.

Dengan diterapkan program Clova AI pada earbud ini, pengguna dapat menikmati musik, melakukan pengecekkan cuaca, dan mengendalikan perangkat IoT (Internet of Things), semuanya hanya dengan perintah suara yang sederhana. Dibangun di atas serangkaian big data dan konten digital milik LINE, Clova merupakan satu-satunya platform AI yang dikembangkan dari dasar untuk para pengguna dan bahasa di Asia.

Dikatakan pula kalau earbud paling baru ini lebih canggih earbud lainnya. Sebab, pada umumnya earbud bisa bekerja jika ada tambahan perangkat eksternal. Nah, kalau earbud MARS ini hanya membutuhkan satu set earbud saja. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot memasang perangkat eksternal lagi.

Jika NextGeners ingin memiliki perangkat canggih ini harap bersabar dulu.rencananya, earbud MARS akan mulai dirilis pada awal 2018 untuk wilayah Korea Selatan terlebih dahulu.

Bagaimana menurut NextGeners mengenai teknologi perangkat buatan LINE ini ? pastinya sangat inovatif, karena benruknya yang kecil, mudah dibawa, dan tidak memerlukan perangkat lain untuk menggunakannya pasti sangat mempermudah kinerja bagi pengguna perangkat ini.

Apakah NextGeners berancana membuat ide inovatif seperti yang dilakukan oleh LINE ?

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Sumber Referensi:

https://www.upstation.id/2017/11/10/up-inovasi-terbaik-di-ces-2018-earbud-mars-dapat-menerjemahkan-bahasa-dari-telinga-ke-telinga/

http://news.metrotvnews.com/read/2017/11/12/786680/earbud-buatan-line-ini-punya-kecerdasan-buatan

https://jalantikus.com/news/14970/cloud-virtual-assistant-clova-line/

Sumber Gambar:

Digitaltrends.com

(Featured image)twitter.com