Lulusan Product Design Engineering Bakal Kerja Dimana Sih?

0
297

Hallo Sobat Nextgenner’s, Menjelang era digital yang terus berkembang, permintaan akan para profesional kreatif yang menguasai desain produk dan teknik semakin meningkat. Lulusan Product Design Engineering (PDE) memiliki peluang pekerjaan yang menarik dalam berbagai sektor industri. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi peluang pekerjaan yang menarik bagi lulusan PDE dalam dunia modern saat ini.

Dalam dunia yang dipenuhi dengan produk-produk inovatif dan teknologi canggih, peran seorang Product Design Engineer sangat penting. Mereka bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan produk-produk baru yang memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Berkat kemampuan mereka dalam menggabungkan aspek desain dan teknik, lulusan PDE memiliki keahlian yang sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Salah satu peluang pekerjaan yang menarik bagi lulusan PDE adalah di bidang perusahaan manufaktur. Perusahaan-perusahaan manufaktur selalu mencari inovasi dalam desain produk mereka untuk memenangkan persaingan pasar. Lulusan PDE dapat berkontribusi dalam mengembangkan desain produk yang lebih efisien, fungsional, dan estetis. Mereka dapat bekerja sama dengan tim teknik dan produksi untuk menghasilkan produk-produk baru yang mengikuti tren terbaru.

Selain itu, perusahaan teknologi juga menawarkan peluang pekerjaan yang menarik bagi lulusan PDE. Dalam era dimana teknologi terus berkembang dengan cepat, perusahaan-perusahaan teknologi berfokus pada desain produk yang intuitif, elegan, dan ramah pengguna. Lulusan PDE dapat berperan dalam merancang antarmuka pengguna yang menarik dan fungsional, serta membantu mengembangkan solusi teknis yang efisien untuk produk-produk baru.

Selain sektor manufaktur dan teknologi, lulusan PDE juga memiliki peluang pekerjaan di sektor konsultansi. Banyak perusahaan konsultansi yang bekerja sama dengan berbagai klien untuk mengembangkan produk-produk baru. Lulusan PDE dapat berperan sebagai konsultan desain produk, membantu klien dalam merancang dan mengembangkan produk yang inovatif dan kompetitif di pasaran. Mereka dapat memberikan saran dan panduan berdasarkan pengetahuan mereka tentang desain, teknik, dan tren pasar terkini.

Selain itu, beberapa lulusan PDE juga memilih jalur wirausaha dan menjadi desainer produk mandiri. Dalam era digital dan aksesibilitas yang tinggi terhadap platform e-commerce, lulusan PDE dapat menjual produk-produk desain mereka sendiri secara online atau melalui pameran dan acara kreatif. Mereka dapat menciptakan merek mereka sendiri dan berinovasi dalam desain produk untuk menarik konsumen.

Intinya adalah lulusan Product Design Engineering memiliki peluang pekerjaan yang menarik dan beragam dalam dunia modern saat ini. Dari perusahaan manufaktur hingga perusahaan teknologi, sektor konsultansi, dan wirausaha, ada banyak tempat di mana lulusan PDE dapat menerapkan pengetahuan dan keahlian mereka dalam desain produk dan teknik. Dengan semakin berkembangnya inovasi dan permintaan pasar, masa depan lulusan PDE tampak cerah dan penuh peluang.

Kamu tahu ga? Di Universitas Prasetiya Mulya juga ada jurusan Product Design Engineering loh. Boleh tuh jadi batu loncatan kamu kalau ingin mendapat peluang pekerjaan di bidang desain produk. FYI Lab untuk PDE lengkap banget loh. Jadi kamu bisa mendapatkan pengalaman langsung dalam membuat sebuah produk. So, tunggu apa lagi? Bye-Bye..