Printilan-Printilan Lulus Kuliah

0
223

Tangerang – Halo Sobat Nextgener’s! Yuk kenalan dengan hal-hal apa saja yang dibutuhkan dan dilalui sebelum lulus kuliah! Mungkin bagi Nextgener’s yang masih menjadi mahasiswa “baru” rasanya kuliah itu seru banget, liat kating seminar proposal atau bahkan sidang yang dirayain bareng temen-temennya, rasanya pengen cepat wisuda. Eits tunggu dulu, ternyata lulus tidak hanya wisuda. Ada begitu beberapa rangkaian dan berkas yang harus dipenuhi.

Sebagian mahasiswa yang mungkin memiliki saudara atau teman yang sudah terlebih dulu memasuki perkuliahan, tentu akan sedikit mengenal beberapa perbedaan budaya kuliah dan sekolah. Salah satunya adalah syarat kelulusan. Selama sekolah yang dimulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, yang menjadi syarat kelulusan adalah ujian. Sedangkan untuk kelulusan diperkuliahan mahasiswa wajib melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat.

Skripsi

Setelah menempuh Pendidikan dengan belajar delapan semester, maka mahasiswa akan melakukan pengabdian masyarakat dengan menerapkan ilmu yang diperoleh. Lalu akan diakhiri dengan penelitian yang disebut sebagai Skripsi, yang kemudian menjadi syarat kelulusan bagi mahasiswa. Dalam prosesnya, mahasiwa akan melewati tahap seminar proposal yang kemudian dilanjutkan dengan sidang. Dimana sidang merupakan sesi presentasi skripsi oleh mahasiswa dihadapan dosen pengujia dan pembimbing.

Yudisium

Setelah dinyatakan lulus usai sidang, tahapan berikutnya adalah yudisium. Yudisium merupakan pengumuman nilai mahasiswa selama proses belajar delapan semester dan penetapan nilai akhir dalam transkrip akademik. Yudisium juga akan menjadi tahap putusan kelulusan dan segi kelengkapan kredit semester yang diambil oleh mahasiswa. Jadi kelulusan mahasiswa tidak hanya hasil sidang skripsi, namun kelengkapan nilai dari seluruh kredit semester akan menjadi point sangat penting.

Wisuda

Nah, barulah mahasiswa akan mendapat hak mengikuti upacara peneguhan kelulusan. Wisuda juga bisa dikatakan sebagai simbolis secara resmi yang menunjukkan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan akademik seorang mahasiswa dengan perolehan gelar Sarjana. Maka akan dianggap layak melanjutkan perjuangan di dunia kerja dan menggapai impian masing-masing individu.

Jadi, bagaimana? Lebih berat dari sekolah kamu dulu atau lebih seru nih dunia perkuliahan? Eits jangan sampai takut ya, perjalanan ini semua akan kamu lakukan dengan banyak teman dan segudang pengalaman hidup yang tidak ternilai harganya. Untuk itu, Hidup Mahasiswa!