Listrik dari Tumbuhan Alga

2
177

Tanaman Alga satu ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat NextGeners, beberapa minggu lalu STEM-Z pernah membahas kalau Alga bisa diubah menjadi sepatu yang dapat digunakan di air dan darat, kali ini STEM-Z mau membahas fungsi lain dari Alga yang ternyata bisa diubah menjadi energi terbarukan.

Inovasi ini berawal dari Para peneliti dari Concordia University di Montreal, Kanada menemukan sebuah cara untuk menjaring energi litrik dari proses fotosintesis dan pernafasan alga biru-hijau. Untuk membatasi terjadinya perubahan iklim, para ahli mengatakan bahwa manusia perlu untuk mencapai netralitas karbon paling lambat pada akhir abad ini. Untuk mencapai cita-cita itu, ketergantungan kita pada bahan bakar fosil harus diubah. Namun sumber energi apa yang akan menggantikannya? Para ilmuwan kemungkinan telah memiliki jawabannya, yaitu alga atau ganggang.

Penemuan inovasi ini dijelaskan dalam jurnal Technology, yang muncul pada saat pemimpin dunia mempersiapkan diri dalam konferensi PBB tentang perubahan iklim 2015 di Paris, Perancis. Tim yang dipimpin oleh profesor teknik Concordia, yaitu Muthukumaran Packirisamy, menggambarkan penemuan mereka: suatu sel tenaga yang memanfaatkan energi listrik dari fotosintesis dan respirasi ganggang biru-hijau.

Fotosintesis dan respirasi, yang berlangsung di sel tanaman, melibatkan rantai transfer elektron. Dengan menjebak elektron yang dilepaskan oleh ganggang biru-hijau selama fotosintesis dan respirasi, kita dapat memanfaatkan energi listrik yang dihasilkan secara alami,” kata Packirisamy, seperti dilansir Concordia University.

NextGeners penasaran kenapa tumbuhan yang digunakan itu alga biru-hijau? alga biru-hijau adalah mikroorganisme yang paling subur di bumi, jika berbicara mengenai evolusi mereka menempati berbagai habitat di semua lintang dan mereka sudah berada di sini selamanya.

Saat ini, sel fotosintesis ada pada skala kecil, dan terdiri dari membran pertukaran anoda, katoda dan proton. alga hijau-biru ditempatkan di dalam ruang anoda.Saat menjalani fotosintesis, alga hijau-biru melepaskan elektron ke permukaan elektroda yang pada gilirannya ditangkap oleh Muatan eksternal yang terhubung ke perangkat untuk mengekstrak elektron dan

memanfaatkan daya listrik yang dihasilkannya.

Seiring Packirisamy dan timnya mengembangkan dan memperluas proyek, dia berharap bahwa sel-sel daya fotosintesis mikro akan segera digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pada ponsel dan komputer. Suatu hari kemungkinan teknologi ini akan memberikan daya pada dunia.

Bagaimana NextGeners? Ternyata sebuah alga yang termsuk tumbuhan ternyata bisa diubah menjadi energi listrik. Ide yang berasal dari proses fotosintesis pada tanaman tersebut berhasil diaplikasikan untuk menciptakan energi listrik.

Apakah NextGener mempunyai ide inovasi seperti yang dilakukan para peneliti tersebut? Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Entrepreneurial Energy Engineering.

Sumber Referensi:

http://www.bhataramedia.com/8296/alga-dapat-menjadi-sumber-energi-hijau-baru/2015/11/25/

https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/alga-berpotensi-menjadi-sumber-energi-terbarukan

http://news.tridinamika.com/4152/mendapatkan-listrik-dari-sel-alga

Sumber Gambar:

http://penggagas.com

(Featured Image) https://pixabay.com

 

2 COMMENTS