Lebih Kecil dari Butiran Garam, Inilah Komputer Terkecil dari IBM

0
34

Terobosan inovasi kembali dibuat oleh raksasa industri komputer IBM (International Business Machine Corporation) dalam membuat perangkat komputer, perusahaan yang didirikan pada 16 Juni 1911 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat ini telah membuat sebuah komputer terkecil di dunia, yang ukurannya jauh lebih kecil dari butiran garam, komputer kecil ini ditunjukkan pertama kali dalam gelaran IBM Think 2018 dalam bulan maret ini. Terbayangkan NextGeners betapa kecil ukurannya.

Komputer yang digadang sebagai komputer terkecil di dunia ini memiliki ukuran sebesar 1×1 mm. Komputer terkecil ini memiliki kekuatan yang sama dengan prosesor X86 keluaran tahun 1990an. Komponen dari komputer ini walau kecil tetapi sudah lengkap, karena sudah terdiri dari komponen prosesor, memori semikonduktor yaitu static random acces memory (SRAM), chip, detektor foto dan unit LED Communications dan didayai oleh sel fotovoltaik. Mungkin di pikiran NextGeners terbesit, untuk apa ukuran komputer begitu kecil tetapi kekuatannya setara dengan prosesor keluaran 1990an?

Walau memang kekuatannya tidak secanggih chip komputer jaman sekarang, Perusahaan IBM mengatakan, ketika memakai motherboard kecil, komputer mungil ini dapat dimasukkan ke dalam paket untuk memudahkan pelacakan pengiriman barang. Komputer ini juga memiliki kekuatan yang cukup untuk melaksanakan dan menjalankan program dan tugas intelijen artifisial dasar dan bekerja dengan blockchain, yang berfungsi untuk melacak keaslian dan pengiriman dengan basis teknologi distributed ledger (distributed ledger merupakan sebuah rekaman transaksi terdesentralisasi yang digunakan sebagai dasar teknologi cryptocurrency atau mata uang virtual).

Kepala penelitian yaitu Arvind Krishna mengatakan “Dalam lima tahun ke depan, jangkar kriptografi, seperti titik tinta atau komputer kecil yang lebih kecil dari sebutir garam, akan tertanam dalam objek dan perangkat sehari-hari. Mereka akan digunakan bersamaan dengan teknologi ledger terdistribusi blockchain untuk memastikan keaslian objek dari titik asalnya sampai mencapai tangan pelanggan”.

Namun untuk saat ini komputer tersebut belum dapat di komersialkan dulu dan IBM juga masih belum tahu kapan komputer mini IBM akan dirilis. Peneliti mengaku sampai saat ini masih menguji purwarupa pertama komputer mini tersebut. jadi untuk menikmati komputer mini tersebut NextGeners harus bersabar untuk merasakan kemampuan dari komputer mini tersebut.

Apakah NextGeners juga tertarik dengan dunia perangkat keras dari komputer? Apa kalian juga ingin menghasilkan sebuah produk komputer cerdas yang inovatif? Jika iya maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

https://www.suara.com/tekno/2018/03/21/210000/ibm-rilis-komputer-terkecil-di-dunia

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/21/11310027/ibm-rilis-komputer-terkecil-di-dunia-lebih-mungil-dari-butiran-beras

https://www.viva.co.id/digital/piranti/1017856-nih-komputer-terkecil-dunia-lebih-mini-dari-sebutir-garam

Sumber Gambar:

https://www.ibm.com