Kubus Pemurni Udara dan Penghasil Energi

0
110

NextGeners kalau penggemar film dengan genre super hero pasti tahu kan dengan beberapa benda berbentuk kubus dalam beberapa film super hero. Seperti dalam film produksi Marvel Studio di semestanya terdapat space stone, salah satu bagian dari infinity stone ini memiliki bentuk kubus yang memiliki kekuatan untuk teleportasi. Sedangkan di film terbaru dari DC Comics yaitu Justice League, terdapat benda berbentuk kubus yang disebut mother box yang memiliki kemampuan untuk menaklukan sebuah planet. Tapi sayangnya kubus-kubus tersebut hanya ada di dunia non fiksi.

Mungkin kubus-kubus tersebut memang tidak mungkin untuk saat ini ada di dunia nyata tetapi ada juga kubus yang tidak kalah hebat yang berasal dari Belgia. Sekelompok peneliti dari Universitas Antwerp dan Universitas Leuven di  Belgia telah menciptakan sebuah sel fotoelektrokimia alat berbentuk kubus yang mampu memurnikan udara dari polusi sekaligus menghasilkan energi.

“Kami memadukan proses tersebut didalam satu alat,” ujar Sammy Verbruggen, profesor bioscience engineering dari Universitas Antwerp, seperti dilansir LiveScience. Kedua tim tersebut lalu menggunakan keahlian mereka untuk menciptakan alat baru ini. Menurut Verbruggen, alat ini akan fokus untuk menghisap udara kotor yang disebabkan volatile organic compound (VOC) – pencemaran udara yang disebabkan bahan kimia adhesif, karpet, mesin fotokopi, dan sebagainya. Dalam jumlah tertentu, VOC dapat menyebabkan pusing, iritasi mata, dan asma.

Alat ini memiliki 2 ruangan yang dipisahkan oleh membran yang mengandung bahan katalis khusus yang mampu mengurai polusi udara dan menghasilkan gas hidrogen. Pada 2 ruangan tersebut, salah satu ruangan memurnikan udara, sedangkan ruangan lainnya menghasilkan gas hidrogen yang berasal dari produk penguraian polusi udara pada ruangan pemurnian udara. Gas hidrogen ini selanjutnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Proses ini menggunakan teknologi yang mirip dengan panel surya, sehingga proses ini membutuhkan sinar matahari. Perbedaannya adalah alat ini tidak menghasilkan energi listrik secara langsung, melainkan disimpan sebagai gas hidrogen.

“Memperbaiki lingkungan adalah dorongan bagi kami. Ketika kami bisa menangkap satu lalat bersamaan  membersihkan lingkungan juga memberikan sumber energi yang bersih merupakan sebuah keuntungan bagi kami,” tutup Verbruggen.

Alat ini merupakan salah satu inovasi yang harus dikembangkan terus, mengingat kondisi udara di Bumi yang semakin tidak ramah, semoga saja alat ini dapat dikembangkan terus, sehingga polusi dapat terkurangi dan disisi lain kita juga mendapatkan sumber bahan energi.

Bagaimana menurut NextGeners mengenai alat yang memiliki dua fungsi ini? pastinya alat ini sangat inovatif, di satu sisi membersihkan udara kotor dan di sisi lainnya menghasilkan sumber energi. Apakah NextGeners juga memiliki gagasan inovasi seperti ini?

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Entrepreneurial Energy Engineering.

Sumber Referensi:

http://www.greeners.co/ide-inovasi/alat-mampu-memurnikan-udara-sekaligus-memproduksi-energi/

https://hmm-undip.or.id/ristek-day-pembersih-udara-dan-penghasil-bahan-bakar-dalam-1-alat/

http://www.mejapraktek.com/2017/05/simak-kemampuan-alat-kecil-ini-untuk.html

Sumber Gambar:

(Gambar 1) https://www.nationalgeographic.com

(Gambar 2) https://Sciencedaily.com

(Featured Image) http://www.greenscene.co.id/