Kereta Pertama di Dunia dengan 100% Tenaga Matahari

0
65

NextGeners pasti sudah pernah mendengar atau melihat mobil tenaga surya, namun bagaimana jadinya jika Kereta bertenaga surya? Hal ini sudah ada dan diklaim sebagai kereta bertenaga surya pertama di dunia yang beroperasi di wilayah pesisir utara New South Wales, Australia.

Jika memang Kereta sekarang sudah banyak menggunakan listrik, namun kereta listrik ternyata masih membutuhkan energi listrik yang sangat besar. Walaupun kereta listrik ramah lingkungan, namun tetap saja masih membutuhkan tenaga listrik yang besar. Inovasi yang diciptakan perusahaan Byron Bay Railroad Company telah menciptakan kereta yang seratus persen tenaganya  menggunakan tenaga surya.

Kereta yang bernama Red Rattler ini sebenernya sudah berusia 70 tahun, namun telah diperbaharui. Red Rattler membuat perjalanan perdananya pada Minggu 17 Desember 2017 lalu dengan hampir 100 penumpang di dalamnya. Ide proyek ini merupakan gagasan dari pengusaha Brian Flannery, dan proyek ini memiliki nilai US$ 4 juta atau kalau di rupiahkan sekitar Rp 41,5 miliar.

Panel surya SunMan fleksibel yang melapisi atap gerbong kereta menghasilkan energi yang tersimpan pada sistem baterai sebanyak 77 kWh, yang juga dapat terisi dalam perjalanan melewati stasiun utama sebanyak 30 kW. Bank baterainya memiliki kapasitas yang hampir sama dengan perangkat Tesla Model S, menurut RenewEconomy, kereta tersebut dapat menempuh perjalanan sebanyak 12 sampai 15 kali dalam satu kali proses pengisian baterai karena hanya membutuhkan sekitar empat kWh energi surya untuk setiap kali perjalanan.

Apakah NextGeners ingin merasakan naik kereta tenaga surya tersebut? tarif nya cukup murah, Tarif kereta ini untuk perjalanan satu arah adalah $ 3 untuk orang dewasa, $ 2 untuk usia enam sampai 13 tahun, dan gratis untuk anak-anak sampai usia lima tahun. Kereta ini juga menyediakan 100 tempat duduk dan ruangan untuk penumpang yang berdiri, serta juga ada ruangan untuk bagasi, sepeda, serta papan selancar.

NextGeners juga ingin menjadi bagian untuk membuat inovasi dengan energi terbarukan? maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Entrepreneurial Energy Engineering.

Sumber Referensi:

http://global.liputan6.com/read/3199825/kereta-listrik-tenaga-surya-pertama-beroperasi-di-australia

http://www.greeners.co/ide-inovasi/kereta-bertenaga-surya-siap-meluncur-australia/

https://inhabitat.com/the-worlds-first-100-solar-powered-train-launches-in-australia/

Sumber Gambar:

https://inhabitat.com