Keren, Roda Ini Dapat Dilipat !

0
24

NextGeners masih ingat dengan inspirasi inovasi dari seni bela diri Hapkido mengenai roda sepeda yang dapat dilipat? Kali ini STEM-Z akan mengangkat mengenai produk yang memiliki inovasi mengenai ban sepeda yang dapat dilipat. Karena jika selama ini sepeda lipat memiliki kendala dari roda yang masih belum dapat dilipat, maka berkembanglah sebuah ban sepeda yang dapat dilipat juga.

Seorang desainer asal Munich,Jerman yaitu Andrea Mocellin adalah orang dibalik pembuatan ban roda sepeda yang dapat dilipat.Mocellin merasa jika sepeda lipat memiliki banyak kelemahan dalam hal performa nya, selain karena frame yang kecil da  n tidak bisa solid/rigid, itu juga karena bannya yang harus kecil. Setelah bekerja di berbagai kota besar dunia di Eropa dan Asia dan selalu menggunakan sepeda lipat, Mocellin menyimpulkan bahawa semua desain sepeda lipat sekarang adalah kurang baik. Maka dari itu Mocellin menciptakan inovasi sebuah ban sepeda yang dapat dilipat.

Roda tersebut bernama Revolve, ban sepeda lipat ini mampu dilipat hingga mereduksi ruang sebanyak 60 persen. Model roda ini ditujukan untuk mobilitas sepeda dan kursi roda. Untuk dapat diliapat secara efektif, Mocellin harus mencoba membangun ratusan mekanisme lipatan berbeda untuk mendapatkan versi yang paling akurat. Diameter Revolve adalah 26 inci, sedangkan rata-rata sepeda ukuran besar pada umumnya memakai roda 20 inci. Sementara itu roda Revolve ini mengusung jenis tanpa angin/ ban airless alias solid, sehingga pengguna tidak perlu memikirkan tekanan angin pada ban.

Andrea Mocellin merupakan seorang pria lulusan Royale College of Art di London ini membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk mematangkan konsep Revolve ini. Roda Revolve ini ddilipat dengan cara yang tidak konvensional, ketika enam segmennya “dilipat”, ukurannya hanya 40 persen dari ukuran ketika berbentuk roda, mekanisme pengunciannya menggunakan magnet.

Saat ini roda yang dibuat oleh Mocellin ini sudah memperoleh paten dan sudah dapat diproduksi. Jadi kini NextGeners tidak perlu repot ketika membawa sepeda yang dapat dilipat, karena sebelumnya sepeda lipat untuk ban nya belum dapat dilipat, dengan adanya desain ban dari Revolve ini sudah tidak ada kendala untuk membawa sepeda, begitu juga dengan kursi roda yang dapat diaplikasikan juga pada Revolve.

Bagaimana NextGeners seru kan membuat sebuah desain produk yang inovatif? Jika NextGeners juga memiliki ide dan ingin berkarya membuat sebuah desain produk maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

https://www.sefsed.com/inovatif-desain-roda-ini-mampu-dilipat-menjadi-ukuran-yang-sangat-kecil/

https://www.mainsepeda.com/r/9/anggap-sepeda-lipat-jelek-ciptakan-roda-lipat

http://www.iskrim.com/2018/01/revolve-ini-baru-namanya-sepeda-lipat.html

Sumber Gambar:

https://www.revolve-wheel.com/