Jangan Ketinggalan! 5 Skill Ini Wajib Dilatih Sejak SMA

1
39

Sekolah menengah atas (SMA) merupakan fase krusial dalam perjalanan pendidikan. Pada fase ini, pikiran tentang mau kuliah jurusan apa? Kuliah dimana? Setelah kuliah mau kerja apa? Rasanya menjadi topik utama di kepala. Pikiran-pikiran tersebut kerap kali membuat bingung harus mulai jawab pertanyaan itu dari mana. Jawabannya adalah mulai dengan mengasah soft skill yang dibutuhkan di masa depan. Dengan begitu kamu akan menjadi individu yang selalu dicari.

Era sekarang terbilang sangat fleksibel. Kuliah di jurusan dan universitas top tidak sepenuhnya menjamin masa depan yang cerah. Nasib kamu sebagian besar ditentukan oleh soft skill yang kamu punya. Ya, soft skill merupakan hal yang krusial. Soft skill tidak terbentuk dalam hitungan jam ataupun hari, butuh proses yang panjang untuk benar-benar menguasainya.

Great Skill Takes Time! karenanya soft skill butuh diasah sejak dini. Bagi kamu yang sedang duduk dibangku SMA, kamu wajib mengasah soft skill mulai dari sekarang. Berikut 5 soft skill yang wajib kamu kuasai. Sooner or later kalian pasti merasakan impact-nya.

Baca juga : 5 Skill Ini Bantu Kamu Bersaing dengan Artificial Intelligence, Ayo Simak!

Kemampuan Komunikasi yang Baik

“Once you open your mouth, you tell the world who you are”, kalimat bijak yang  menunjukkan pentingnya komunikasi.

Secara sederhana, komunikasi merupakan proses menginformasikan apa yang ada dipikiran kita baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. Simple but tricky, kerap kali apa yang ada di pikiran sulit untuk diucapkan dengan tepat, sehingga apa yang kamu pikirkan berbeda dengan apa yang lawan bicara tangkap. Hal ini akan sangat dirasakan pada proses bertukar ide ataupun pendapat.

Melatih kemampuan komunikasi bisa menggunakan metode sederhana. Ketika kamu ingin menyampaikan sesuatu mulailah mencatat keyword lalu menyusunnya. Selanjutnya kamu bisa merangkai kalimat berdasarkan keyword dan urutan yang telah dibuat. Lakukan ini secara konsisten. Kalian bisa berlatih dengan orang terdekat atau latihan di depan cermin.

Kemampuan Berkolaborasi

Perkembangan yang terjadi di dunia semakin cepat. Masalah yang dihadapi pun semakin kompleks. Manusia sebagai individu tentunya punya batas kemampuan untuk menghadapi masalah-masalah tersebut. Karenanya manusia membutuhkan orang lain untuk membantunya. Saat ini bukan lagi era one man show, sekarang era kolaborasi.

Kemampuan ini bisa kamu latih dengan dua langkah. Pertama, kamu harus tahu bidang yang kamu kuasai. Dengan begini kalian dengan mudah memilih perkejaan yang akan kalian take over. Kedua, kalian harus pandai memperlakukan rekan kalian dengan tepat. Ya, kemampuan ini dikenal sebagai kemampuan interpersonal yang akan dibahas pada paragraf berikutnya. 

Kemampuan Interpersonal

Kemampuan Interpersonal merupakan perilaku dan kebiasaan yang ditunjukkan ketika berinteraksi dengan orang lain. It’s all about how to treat people properly. Hal ini sangat krusial ketika kalian bekerja dalam kelompok. Individu dengan kemampuan interpersonal akan berusaha mengenali rekan kerjanya dengan baik. Dengan begitu akan tercipta chemistry kelompok yang sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama.

Melatih kemampuan ini kamu harus peka dengan kecenderungan rekan kalian. Kamu bisa mulai melatih kemampuan ini dari lingkup yang kecil seperti kerja kelompok yang diberikan sekolah. Amati dan ciptakan situasi yang dapat membuat rekan kamu bekerja secara maksimal.

Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah

Kita akan terus hidup berdampingan dengan masalah. Baik masalah pribadi, pertemanan, keluarga ataupun pekerjaan. Karenanya kemampuan menyelesaikan masalah dengan baik sangat dibutuhkan. Salah satu tool yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan baik adalah kemampuan berpikir kritis.

Berpikir kritis adalah kemampuan dalam menerima dan mencerna informasi secara sistematis sebagai panduan untuk mengambil sikap dan tindakan. Kamu bisa melatih kemampuan penyelesaian masalah dengan mengikuti organisasi, komunitas dan membaca buku-buku yang berkaitan dengan berpikir kritis.

Kemampuan Beradaptasi

Adaptasi merupakan kemampuan yang sudah ada pada kita sejak lahir.  Namun, prinsip dan idealisme terkadang membuat kemampuan ini ‘tumpul’. Catat ini baik-baik! Beradaptasi tidak menuntut kamu melanggar prinsip hidup yang kamu yakini melainkan menuntun untuk tetap survive di tengah perubahan zaman yang kian cepat.

Diperlukan kepekaan untuk menuju ke arah mana dunia akan bergerak selanjutnya. Dengan begitu kamu bisa selangkah lebih maju mempersiapkan diri kalian dengan hal-hal yang dibutuhkan di masa depan. Don’t be the best, be the first.

Demikian lima kemampuan yang harus dilatih sejak dini versi Nextgen, kalau versi kalian gimana? Komen di bawah ya! Jangan lupa share ke orang-orang terdekat kalian juga. See ya!

1 COMMENT