Inspirasi: New Wind Start Up Company di Bidang Energi Terbarukan

0
485

Banyak orang memiliki persepsi bahwa start up company adalah perusahaan baru yang umumnya berkaitan dengan dunia Teknologi Informasi (IT), contohnya perusahaan e commerce, aplikasi komputer, games, internet dan lain-lain. Apakah kalian pernah berpikir ada startup company dibidang energi? Persepsi orang bahwa sulit membangun start up company di sektor energi, disebabkan sektor energi identik dengan teknologi tinggi dan membutuhkan modal awal yang sangat besar mungkin ada benarnya. Namun jika kita berbicara mengenai start up company di bidang energi khususnya energi terbarukan, nampaknya anggapan tersebut perlu ditinjau ulang. Teknologi energi terbarukan untuk skala kecil, memungkinkan lahirnya start up company baru, yang selama ini sulit diwujudkan pada sistem pembangkitan konvensional yang menggunakan minyak bumi, batubara atau gas alam.

 

Turbin Angin

Saat ini pembangunan Turbin Angin di berbagai belahan dunia menjadikannya teknologi energi terbarukan dengan pertumbuhan paling cepat dibandingkan teknologi energi terbarukan yang lain. Pada tahun 2015 saja instalasi Turbin Angin yang dibangun mencapai kapasitas 63,467 MW *) besaran ini menambah total kapasitas pembangkitan sebesar 369 GW yang sebelumnya telah dibangun diseluruh dunia untuk Turbin Angin.

Secara teori pembangunan Turbin Angin mungkin dilakukan di perkotaan, akan tetapi sulit mendapatkan kecepatan angin minimum yang diinginkan untuk memutar Turbin Angin skala kecil yang berkisar 3-4 m/s. Sehingga pembangunan Turbin Angin umumnya berada di daerah pegunungan, dataran luas yang lapang atau pesisir pantai, dimana kecepatan angin lebih tinggi dan relatif konstan. Selain itu bentuk Turbin Angin yang besar dan tidak menarik dianggap dapat membahayakan dan merusak keindahan pemandangan di tengah kota.

 

New Wind

Pada tahun 2011 Jrme Michaud-Larivire seorang warga Perancis, mendirikan sebuah perusahaan baru di Perancis dengan nama New Wind dengan konsep awal ingin membuat pelayanan dan penyediaan listrik berkualitas bagi masyarakat dengan menciptakan Turbin Angin dalam bentuk yang paling organik, harmonis menyatu dengan alam.

New wind menciptakan Turbin Angin yang diberi nama Wind Tree, namanya diambil dari bentuknya yang menyerupai pohon. Dengan tinggi 10m dan lebar 7 meter, Wind Tree menopang 63 vertikal turbin (aeroleafs) yang sekilas nampak seperti daun-daun pada pohon. Turbin mulai dapat menghasilkan energi listrik apabila kecepatan angin sebesar 2m/s, lebih rendah dari kecepatan angin rata-rata yang dibutuhkan Turbin Angin skala kecil umumnya yang berkisar sebesar 3,5 m/s. New Wind mengklaim bahwa pada kondisi optimum satu ‘pohon’ Turbin Angin dapat menghasilkan daya sebesar 4kW dengan asumsi energi rata-rata yang dihasilkan sebesar 2400 kWh . Daya sebesar itu jika diaplikasikan cukup untuk menerangi beberapa lampu di area taman, tempat parkir atau melistriki rumah tipe kecil diperkotaan.

new-wind-turbines-paris 02

 

Start up Company

Produk New Wind yakni Wind Tree sudah dibangun ditengah kota Paris, Perancis dan rencananya dengan dukungan pemerintah Perancis akan dibangun lagi sebanyak 40 titik di seputar Perancis. Beberapa negara tertarik untuk membeli dan telah terpasang satu unit di Swiss. New Wind masih merupakan start up company, beberapa kendala untuk berkembang antara lain harga produk dianggap masih mahal ($29.000/unit) dan efisiensi turbin dianggap masih rendah. Bagi mereka yang sangat peduli terhadap perhitungan ekonomi dan menghitung profit terhadap tingkat pengembalian biaya investasi, mungkin produk New Wind menjadi kurang menarik. Akan tetapi jika kita mempertimbangkan nilai tambah lain yang didapat bukan hanya sisi komersil, seperti mendukung perkembangan teknologi yang ramah lingkungan, termasuk mengurangi emisi karbon maka hal tersebut menjadi sangat berharga dan perlu terus didukung. Diharapkan dengan volume produksi yang bertambah dan inovasi produk yang terus dilakukan, bukan hanya harga yang dapat terus ditekan, namun efisiensi turbin akan meningkat sehingga semakin mendekati perhitungan nilai ekonomis untuk produk tersebut. Jangan lupa kelebihan lain dari produk New Wind yang menjadi poin plus, secara visual Wind Tree sangat menarik dan dapat dibangun ditengah kota tanpa terlihat mengganggu secara estetika.

Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang kaya untuk pengembangan energi terbarukan. Nah apakah kalian punya ide untuk belajar dan membangun start up company di sektor energi terbarukan? (INB/PRS16)

*) (source: Global Wind Energy Council; New Wind)

 

**) (source: Youtube)