Inovasi Terbaru dari Intel! SSD “Penggaris”

0
23

Siapa sih yang tidak tahu dengan perusahaan teknologi Intel? Perusahaan yang banyak di kenal akan produksi processor ini memang selalu membuat sebuah penemuan yang inovatif. Seperti kabar yang terbaru jika mereka telah membuat sebuah SSD (Solid-State Drive) yang berbentuk seperti penggaris 12 inci. Tapi apakah NextGeners tahu apa itu SSD? SSD adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Kalian pasti juga tahu dengan USB Flash Drive atau lebih dikenal dengan Flashdisk, nah SSD ini bisa juga disebut sebagai versi canggih dari USB Flash Drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti Hardisk yang selama ini digunakan pada perangkat komputer.

SSD tipis dan minimalis berbentuk penggaris ini bernama Intel SSD D5-P4326 yang ditujukan untuk komputer server. Intel menyebutkan jika SSD ini sebagai SSD dengan kepadatan kapasistas tertinggi yang pernah dibuatnya. SSD milik intel ini mampu menyimpan data dengan kapasitas 32 terabyte (TB). SSD D5-P4326 dibuat dengan teknologi 3D NAND, di mana sel memori ditempatkan secara berlapis dengan lapisan yang sangat tipis. D5-P4326 memiliki 64 lapisan memory cell.

SSD ini bisa dimasukkan ke dalam rak server 1U standar yang berukuran tinggi 1,75 inci. Sebanyak 32 unit SSD bisa ditempatkan dalam rak sekaligus sehingga memberikan kapasitas storage gabungan mencapai 2 petabyte. Dibandingkan SSD pendahulunya, SSD penggaris ini hanya akan memakan tempat sebanyak lima persennya, sementara konsumsi dayanya hanya sepersepuluh. Kemudian jika dibandingkan SSD kovensional dengan form factor 2,5 inci, Intel mengatakan jika SSD D5-P4326 ini hanya membutuhkan aliran udara yang cukup hanya setengahnya untuk keperluan pendinginan. Air Conditioning adalah salah satu komponen biaya terbesar dalam operasional data center. Itulah sebabnya perusahaan-perusahaan data terbesar di dunia berencana menggunakan SSD berbentuk penggaris dari Intel tersebut.

Sebagai bukti jika SSD inovatif dari Intel ini memang mutakhir, beberapa perusahaan cloud ternama tekah menggunakannya loh, seperti IBM, Microsoft, Tencent, dan WeChat.

Apakah NextGeners suka dan tertarik di dunia sistem komputer? Kalau iya yuk NextGeners, STEM-Z tunggu kalian membuat inovasi seperti contoh yang diatas, share ide kalian di NextGen dan STEM-Z akan tunggu inovasi kalian di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/14/11110047/intel-perkenalkan-ssd-terpadat-berbentuk-penggaris

http://infokomputer.grid.id/read/12918577/intel-ssd-d5-p4326-ssd-berkapasitas-32-tb-dan-berbentuk-penggaris

http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/219/Media-Penyimpanan-Data-Solid-State-Drive–SSD-.html

Sumber Gambar:

https://newsroom.intel.com