Inovasi Telur Ayam sebagai Obat Kanker

0
13

Tahukah NextGeners jika ada sebuah inovasi dari telur ayam yang dapat menyembuhkan kanker? Para ilmuwan di University of Edinburgh menyambungkan gen manusia ke dalam DNA ayam, hewan tersebut mulai menghasilkan telur dengan protein yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, terutama kanker. Menurut informasi, produksi obat melalui perkembangbiakan ayam ini 100 kali lebih murah dibandingkan proses manufaktur di pabrik.

Protein yang ditemukan pada telur ayam hasil modifikasi genetika ini mirip dengan yang dihasilkan tubuh manusia secara alami–yaitu IFNalpha2a dan macrophage-CSF. Protein tersebut memainkan peran penting pada sistem kekebalan tubuh kita.

Obat-obatan yang mengandung IFNalpha2a dan macrophage-CSF kerap digunakan para dokter untuk merawat pasien kanker dan beberapa penyakit lain. Namun, memproduksi obat-obatan tersebut di laboratorium cukup sulit dan membutuhkan banyak biaya.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal BMC Biotechnology, para peneliti Edinburgh menyisipkan gen penghasil protein pada manusia tersebut, ke bagian DNA ayam yang bertanggung jawab memproduksi putih telur. Hasilnya menunjukkan ada tiga telur yang mengandung protein ‘antikanker’ tadi.

Apakah ayam-ayam ini mengalami perubahan dan tidak seperti ayam pada umumnya? Jawabannya adalah tidak berubah, Seperti yang dikutip dari halaman BBC Lissa Herron yang merupakan salah satu peneliti yang terlibat dalam studi tersebut mengungkapkan “Tidak berdampak pada kesehatan ayam, mereka hidup dan menetaskan telur seperti ayam normal lainnya.”

Profesor Helen Sang, dari Roslin Institute, Edinburgh University, mengatakan, “Kami belum memproduksi obat-obatan untuk manusia, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa ayam secara komersial layak untuk menghasilkan protein yang cocok untuk studi penemuan obat dan aplikasi lain dalam bioteknologi.”

Walau memang inovasi ini belum benar-benar dapat digunakan, para ilmuwan tersebut masih membutuhkan beberapa tahun lagi sebelum badan pengawas menyetujui penggunaan obat-obatan yang dikembangkan dari ayam modifikasi genetika untuk dikonsumsi untuk manusia.

Setelah membaca informasi mengenai inovasi telur ayam ini apakah  kalian tertantang untuk membuat inovasi dalam bidang pangan? yuk NextGeners kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

Sumber Referensi:

http://nationalgeographic.grid.id/

https://www.bbc.com/indonesia/

https://sains.kompas.com/

Sumber Gambar:

https://pixabay.com