Inovasi “MotherKey” Sebagai Solusi Gaya Hidup Sehat

0
81

Dalam mengikuti INZI CREATIVE PROJECT 2017, kami mengajukan inovasi MotherKey yang merupakan sebuah ide wirausaha dalam menawarkan layanan pesan antar menu makanan sehat dan bergizi yang memiliki healthy lifestyle. Menu makanan yang kami rancang nantinya akan dimasak oleh ibu rumah tangga (IRT) yang telah mendaftarkan dirinya dalam aplikasi MotherKey. Ide ini muncul akibat kebiasaan buruk masyarakat pekerja kantoran dan kalangan mahasiswa dalam memilih makanan. Masyarakat pada kalangan ini cenderung lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Target pasar kami adalah masyarakat kalangan menengah ke atas (dalam rentangan usia 20-35 tahun) yakni pekerja kantoran dan mahasiswa di daerah metropolitan. Positioning dari produk MotherKey dapat digolongkan menjadi makanan sehat yang dapat dipesan secara fleksibel atau sesuai dengan permintaan konsumen. MotherKey dapat menjadi solusi bagi entry level healthy eater dalam memilih menu makanan seimbang sekaligus menjadi lapangan pekerjaan baru bagi ibu rumah tangga.

Berbeda dengan usaha sejenis, dalam aplikasi MotherKey pelanggan akan diberikan informasi secara umum mengenai informasi gizi yang terkandung dalam menu makanan. Contohnya, 100 gram nasi mengandung kalori sebesar 129 kalori. Menu yang disediakan akan dikelompokkan sesuai dengan kandungan yang ada di dalamnya. Seperti nasi, roti,dan jagung akan ditampilkan pada kelompok karbohidrat; daging sapi, daging ayam, tempe, tahu, dan tauge akan ditampilkan dalam kelompok protein; sayur dan buah akan masuk ke dalam kelompok vitamin dan serat. Takaran dan ukuran dari bento atau paket makan siang dapat langsung diatur oleh pelanggan. Kemudian data akan sampai pada pihak provider yang akan kemudian dikirim ke pihak cook untuk segera dimasak.

Cara kerja dari aplikasi ini sebenarnya hampir sama dengan aplikasi seperti Gojek, pihak mitra yang dalam hal ini adalah ibu rumah tangga dapat mendaftarkan diri sebagai seorang cook. IRT dapat mengajukan diri dalam bentuk kelompok atau individu, akan tetapi jika IRT mendaftarkan diri secara individu, pihak MotherKey akan menggabungkan dalam bentuk kelompok untuk mendapatkan training yang intensif. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai kualitas yang diinginkan oleh konsumen dan juga menjaga kualitas produk agar konsisten. Teknis pembayaran kurang lebih mirip dengan ojek online, dimana konsumen akan membayar kepada IRT. Selain pembayaran secara manual, pelanggan dapat juga mengakses fitur MotherPoket, dimana pelanggan hanya perlu mengisi saldo di ke dalam MotherPoket sehingga pelanggan tidak perlu melakukan pembayaran tiap kali melakukan transaksi. Dengan penyediaan makanan yang sehat dalam artian memiliki nutrisi yang seimbang dan terdiri dari bahan-bahan alami serta fleksibelitas akses yang mudah melalui aplikasi, MotherKey siap memenuhi kebutuhan makan setiap hari dengan kualitas gizi yang tinggi dan berharap dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah penderita dari penyakit Stroke, Jantung, dan Diabetes yang ada di Indonesia.

Artikel Inovasi ini dibuat oleh:

Ni Nengah Ari Widiastuti  (Mahasiswi Food Business Technology 2017)

Kadek Agus Prabawa (Mahasiswa Food Business Technology 2017)

Made Agus Febri Setiawan (Mahasiswa Finance 2016)

I Wayan Rona (Mahasiswa Business 2014)

Bila NextGeners ingin berbincang langsung degan Tim Code Diggers dapat melakukan kontak melalui email berikut: widiastutiari111@gmail.com

STEM-Z berharap bahwa ide inovasi tersebut bisa dilanjutkan ke tahap prototipe
yang pada akhirnya bisa di komersialkan dan produk bisa ditampilkan di dalam Innovation Display.