Inovasi Masjid Khalifa Al Tajer dengan Energi Terbarukan (Pertama di Dunia)

0
10

Apakah NextGeners sudah tahu tentang Khalifa Al Tajer? Kalau yang belum tahu STEM-Z akan membahas mengenai tempat ini dan inovasi apa yang ada dari tempat ini, yuk NextGeners simak artikel berikut ini.

Khalifa Al Tajer merupakan Masjid yang berada di Dubai, masjid ini merupakan masjid dengan teknologi ramah lingkungan pertama di dunia dengan menerapkan energi terbarukan. Masjid yang berlokasi tepat di Bur Saeed Street, Deira, Dubai ini merupakan masjid yang megah dan memiliki interior yang bagus, dengan luas sebesar 45.000 meter persegi di atas lahan berukuran 105.000 meter persegi ini dapat menampung jamaah sebanyak  3.500 jamaah.

Karena mengusung tempat yang ramah lingkungan, masjid ini juga dibangun menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan dan juga berasal dari bahan baku daur ulang. Bangunan masjid ini memiliki konsentrasi pada efisiensi energi melalui penggunaan termal-isolasi.

Termal-isolasi atau juga disebut insulasi termal adalah metode atau proses yang digunakan untuk mengurangi laju perpindahan panas/kalor. Penggunaan insulasi termal ini memang semakin banyak digunakan, mengingat suhu panas pada bagian atap ataupun bidang lainnya memberi pengaruh kurang baik. Di Masjid ini insulasi termal di gunakan untuk mereduksi konsumsi energi dan AC, sekaligus mengurangi gas rumah kaca.

Tayeb Al Rais selaku Sekertaris Jenderal Wakaf dan Urusan Masyarakat menjelaskan “Energi terbarukan masjid ini tergambar dari pencahayaan ekterior yang dilengkapi dengan panel surya, sistem penyimpanan baterai yang didukung oleh tenaga surya, dan penggunaan panel surya sebagai pengganti energi pemanas listrik untuk tujuan pemanasan air.

Masjid ini juga sudah memenuhi standar dan spesifikasi bangunan hijau dari US Green Building karena memang masjid ini telah menggunakan solusi energi terbarukan dalam desainnya. Tidak hanya itu juga, Khalifa Al Tajer juga sudah memenuhi undang-undang yang mengatur pemenuhan standar hijau dalam desain, konstruksi, dan pengoperasian  bangunan. Gak salah kan NextGeners jika masjid ini menjadi masjid pertama di dunia yang mengusung tema ramah lingkungan.

Jika kalian juga memiliki visi untuk mengembangkan lingkungan ramah lingkungan juga, kalau begitu Yuk NextGeners kita tunggu kalian untuk berinovasi di bidang Renewable Energy Engineering.

Sumber Referensi:

http://nationalgeographic.grid.id/

http://bentengapi.com

http://www.dubaicity.com/