Inovasi dari Seni Bela Diri Hapkido

0
26

NextGeners suka olahraga seni bela diri tidak?

seperti Pencak silat, karate, wushu, hapkido, taekwondo, judo, aikido, muay thai dsb. STEM-Z hari ini pengen coba ngulas tentang hapkido nih, pada tau gak seni bela diri hapkido?

Hapkido adalah seni bela diri Korea yang sangat dinamis dan elektik. ini adalah bentuk pertahanan diri yang memakai teknik kuncian (Joint locks), bergulat (grapping) dan berbagai seni bela diri seperti tendangan (kicks), pukulan (punches), lemparan (throwing) dan serangan sabetan dan tusukan (striking). Hapkido pun juga menggunakan senjata tradisional seperti pisau, pedang, tali, nunchaku, tongkat, tongkat pendek, dan staf (Bong, Pistol, BO).

Hapkido berisi teknik pertempuran jarak panjang dan jarak dekat, menekankan pada gerakan melingkar, pengalihan kekuatan, dan kontrol dari lawan.

Nah kebetulan nextGener kita ada seorang atlit berprestasi hapkido juga nih. STEM-Z ingin memperkenalkan, namanya Lakeshia Erlino Kuswoyo. Selain sebagai mahasiswa jurusan Food Business Technology , Lakeshia sangat aktif mengikuti perlombaan hapkido. Belum lama ini Lakeshia mengikuti perlombaan Kejuaraan Nasional 2 Hapkido Indonesia 2017  di kota Jogjakarata pada tanggal 26 dan 27 Agustus 2017 bertepatan di gedung serbaguna Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Persiapan yang dilakukan dalam mengikuti pertandingan ini secara intensif adalah 3 bulan terhitung dari bulan Juni 2017 sampai dengan pertengahan Agustus 2017.  Kejurnas ini diikuti lebih dari 300 orang dari semua perwakilan pengurus tiap provinsi di Indonesia . Kejurnas ini banyak diikuti oleh atlit-atlit terbaik dari tiap daerahnya, Lakeshia bersama dengan tim nya berasal dari perwakilan hapkido DKI Jakarta. Dalam kejurnas hapkido ini Lakeshia masuk dalam kategori Hyung Senior Female Beginner .

Dan hasil yang didapatkan oleh Lakeshia dalam pertandingan hapkido ini adalah medali emas, selain memperoleh medali emas dalam kategori Hyung Senior Female Beginner , Lakeshia juga dinobatkan sebagai Best Performance dalam kejurnas ini loh, hebat banget yah NextGener kita ini, sangat berprestasi dan menginspirasi.

Kalo STEM-Z  liat penjelasan tentang apa itu hapkido, mengikatkan kita akan matematika, software, dan komputer. Setuju kan NextGeners?

Coba kalian lihat hapkido, hapkido memiliki unsur yang dinamis dan elektik. Tendangan, pukulan, lemparan.  Semua gerakan tersebut memiliki ukuran dan perhitungan, bagaimana tekananan yang harus di berikan atlit hapkido agar pukulan tepat mengenai sasaran,putaran gerakan kaki yang sesuai. Aktivitas aksi terebut secara tidak langsung menggunakan matematika, coba misalnya tidak diperhitungkan dengan tepat? pasti yang ada kita akan salah sasaran dan gerakan hapkido kita tidak sesuai. Lalu apa hubungan software dan komputernya?  Nah dari gerakan itu kita bisa membuat sebuah software yang kita aplikasikan untuk tiap gerakan hapkido, mengukur seberapa kuat gerakan pukulan kita, menghitung jarak lemparan dan sebagainya. Memberikan perangkat sensor dan komputer lalu menggabungkan dengan perhitungan matematika untuk menghasilkan algoritma yang tepat untuk menghasilkan software nya, kebayang pasti gimana efektifnya bila aplikasi untuk hapkido seperti ini digunakan?

Seru kan kalo kita membuat sebuah terobosan teknologi berdasarkan hobi kita sendiri? Semakin semangat pastinya dengan hobi kita.

Kira-kira karya inovatif apa yang akan di hasilkan sama NexGener kita  Lakeshia?

Yuk kita tunggu karyanya.

Sumber referensi :

http://www.hapkidoindonesia.com/what-is-hapkido.html

http://www.miracle-martialarts.com/miracle-hapkido.html

Sumber foto:

Dokumentasi Lakeshia