Hanya dalam waktu singkat, Tanggul ini dapat Menghalangi Banjir

0
63

NextGeners pasti pernah melihat tanggul-tanggul karung berisi pasir yang digunakan untuk membendung air, baik ketika air tersebut berasal dari banjir ataupun berasal dari pecahnya tanggul utama dari bendungan . menggunakan tanggul tersebut sangat kurang efektif pastinya NextGeners, selain membutuhkan waktu yang cukup lama, tanggul-tanggul karung tersebut juga cukup berat dan tidak efisien bila terjadi luapan air jika terjadi secara mendadak. Namun sekarang tidak perlu bingung lagi, karena sebuah bendungan portabel telah tersedia, yaitu Water-Gate.

Water-Gate yang dibuat oleh MegaSecur adalah bendungan portabel yang fleksibel dan mudah digunakan yang dapat diatur dengan cepat dan mudah oleh satu orang. Water-Gate dapat dipasang atau dilepas hanya dalam beberapa menit dan mudah dikemas dan digunakan kembali. Water-Gate ini dapat digunakan dalam banyak situasi seperti pengendalian banjir, menciptakan waduk dan bendungan, pengalihan jalur air dan bahkan juga bisa digunakan untuk penumpukan tumpahan zat kimia.

Penggunaannya yang sangat sederhana membuat nya dapat digunakan sangat cepat, Water-Gate cukup dibuka oleh satu orang saja, seperti air yang terkumpul di dalam penghalang tersebut, massa air akan memegang membran dasar di tempat dan tekanannya akan mendorong membran bagian atas hingga terbuka, dan secara otomatis akan mengaktifkan bendungan tersebut dan mencegah air mengalir melewati bendungan tersebut. Setelah banjir usai , kita dapat membersihkannya kembali, mengeringkan dan menggulungnya. Selain itu Water-Gate memiliki beban yang ringan, sehingga dapat dibawa dengan mudah oleh seseorang.

Dimensi Water-Gate membuatnya sangat stabil, permukaan bawah penghalang adalah 4 kali lebih besar dari ketinggian penahan airnya (dapat dilihat pada diagram dibawah).

Akibatnya kekuatan bawah air terhadap bagian bawah penghalang sangat melebih gaya horisontalnya terhadap dinding yang dilipat oleh penghalang. Dengan memanfaatkan berat air dalam proporsi ini, bendungan menempel ke tanah tetap stabil.

Water-Gate teklah memenangkan berbagai penghargaan internasional, termasuk medali emas dari IDSA (Industrial Society of America), Grand Prize dari Institute of Design Montreal, dan penghargaan Civil Protection Prize dari layanan pemadam kebakaran dan penyelamatan kota Jenewa. Bahakan setelah menguji Water-Gate, kementrian lingkungan hidup Quebec secara resmi merekomendasikannya untuk digunakan dalam proyek infrastruktur perairan.

Sungguh suatu penemuan yang inovatif ya NextGeners Water-Gate ini, kedepannya tidak akan perlu repot-repot lagi bilang ada banjir atau tanggul yang bocor. Jika NextGeners juga memiliki ide dan ingin berkarya membuat sebuah desain produk maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

 

Sumber Referensi:

https://www.waterdamagedefense.com/collections/megasecur-water-gate-water-barrier-flood-barriers

http://www.hydroresponse.com/watergate.htm

http://www.floodcontrolinternational.com/PRODUCTS/FLOOD-BARRIERS/flood-barriers.php

Sumber Gambar:

http://megasecur.com/en/

http://www.hydroresponse.com