Guardbot, Robot pengintai masa depan

0
37

Beberapa minggu lagi salah satu film yang memiliki franchise yang cukup banyak, yaitu Jurassic Park akan rilis dengan judul Jurassic World: The Fallen Kingdom, film ini merupakan kelanjutan dari film sebelumnya yang rilis pada tahun 2015, ketika mengingat film nya yang rilis pada tahun 2015 pasti kalian ingat dengan salah satu kendaraan di film tersebut yang memiliki bentuk seperti bola dan kita mengendarainya untuk mengelilingi medan di dalam taman Jurassic tersebut. karena teringat kendaraan tersebut STEM-Z hari ini memberikan informasi inovasi di bidang robotik yang memiliki konsep seperti kendaraan berbentuk bola tersebut.

Robot yang memiliki bentuk bola ini memiliki nama GuardBot. Robot cerdas ini pertama kali dirancang pada tahun 2004 dengan tujuan untuk misi Badan Antariksa Eropa ke Mars. Namun robot tersebut kini dibuat sebagai robot pengintai. GuardBot yang merupakan robot pengintai dengan kemampuan seperti hewan amfibi (dapat beroperasi di perairan dan daratan). GuardBot memiliki dua mata yang mampu mengintai di segala arah seperti mata yang di miliki Bunglon. GuardBot dilengkapi dengan dua kamera pengintai (360 derajat), mikrofon, dan GPS yang membuatnya dapat dikendalikan dari jarak jauh atau melalui satelit.

GuardBot memang tidak memiliki kecepatan yang tinggi, ketika di daratan dia hanya memiliki kecepatan maksimal sekitar 9 mph sedangkan di perairan dia memiliki kecepatan 3 mph, alasan mengapa GuardBot memiliki kecepatan tersebut karena GuardBot itu adalah robot pengintai dan bukan robot pengejar. GuardBot memiliki ukuran yang bervariasi juga mulai dari sekecil 5 inchi sampai ke model yang berdiameter 7ft. GuardBot ini juga dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi radioaktivitas, gas, dan obat-obatan terlarang juga loh.Peter Muhlard selaku Presiden GuardBot inc mengatakan “GuardbBot menggunakan komunikasi radio terenkripsi, serupa dengan apa yang digunakan dalam industri keamanan, tingkat keamanan dapat ditingkatkan berdasarkan pada tingkat kontrol pemerintal.”

GuardBot dapat bertahan selama 25 jam untuk sekali charge. Militer sedang mencari kemungkinan menggunakan GuardBot dalam operasi masa depan, walau masih dalam pengembangan, tetapi harga dari robot ini bisa mencapai $ 100.000. apakah kedepannya GuardBot akan menjadi pengawas dalam dunia militer di masa depan? kita tunggu saya ya NextGeners.

Bagaimana menurut kalian NextGeners mengenai sebuah inovasi yang diihasilkan dari robot GuardBot ini? inovatif dan berguna pastinya, sebuah produk inovatif yang dihasilkan dalam dunia robotik memang tidak ada habis-habisnya, apakah kalian juga ingin menghasilkan sebuah robot yang memiliki nilai inovatif dan komersil yang berguna bagi masyarakat sekitar, yuk NextGeners jangan mau ketinggalan dengan yang lain untuk berinovasi dalam robotik, kalau begitu STEM-Z tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

https://www.roboticsbusinessreview.com/unmanned/guardbot_rolls_from_martian_plans_to_sentry_duty/

https://www.popsci.com/marines-are-testing-adorable-robot-guard-balls

http://uk.businessinsider.com/guardbot-robot-surveillance-ball-roll-all-terrain-black-mirror-2018-2/?IR=T

Sumber Gambar:

http://guardbot.org