FenomenaTrending Topik Singularity di Twitter?

0
6

Pagi ini di Twitter ada sebuah top trending topics yang menempati posisi nomor satu yaitu singularity, pasti ketika mendengar singularity itu teringat hubungannya dengan black hole atau singularity dalam teknologi, tapi usut punya usut yang pikir STEM-Z adalah Singularity yang berhubungan dengan sains ternyataberbeda, singularity disini ternyata berhubungan dengan Boyband terkenal asal Korea Selatan yaitu BTS, Boyband K-pop ini ternyata meluncurkan sebuah lagu baru yang berjudul Singularity. BTS ini merupakan Boyband yang sangat digandrungi banyak para remaja yang dikenal dengan sebutan ARMY. Eitsss tapi tunggu dulu, kenapa kita malah bahas Boyband nya ya,  kalo gitu gimana kalau kita bahas Singularity (Singularitas) nya aja dalam dunia teknologi, mungkin sambil baca info ini kalian bisa dengerin lagu Singularity milik BTS.

Jika dilihat pada awal sejarah ilmu kosmologi, Big Bang terjadi sekitar miliaran tahun yang lalu sebagai proses terbentuknya sebuah alam semesta, efek dari ledakan Big Bang adalah terbukanya ruang dan waktu (entah kenapa tiba-tiba Jadi ingat Tessreact / Space Stone dan The Eye of Agamoto / Time Stone dalam Film Avengers Infinity War), terbentuk materi dan energi, hingga munculnya kehidupan, namun sebelum terjadinya  ledakan Big Bang tersebut yang ada adalah Singularitas (dalam ilmu kosmologi). Namun Singluaritas dalam teknologi juga memiliki persepsi yang sama juga loh NextGeners, dalam teknologi juga diibaratkan sebuah kondisi menjelang ledakan kecerdasan (intelligence explosion). Singularitas teknologi adalah hipotesis tentang manunggalnya manusia (homo sapien) dengan mesin super-cerdas yang memicu ledakan kecerdasan, dan melahirkan manusia jenis baru (homo deus).

Istilah Singularitas dalam teknologi ini pertama kali digunakan oleh matematikawan John Von Neumann pada tahun 1958, mengenai ringkasan percakapannya dengan Von Neumann, Stanislaw Ulam yang menjelaskan “Percepatan kemajuan teknologi dan perubahan mode kehidupan manusia yang seolah-olah mendekati singularitas dalam sejarah ras di luar manusia, tidak bisa dilanjutkan lagi”. Kemudian istilah ini juga dipopulerkan oleh penulis fiksi ilmiah Vernon Vinge yang berpendapat bahwa kecerdasan buatan, pemutakhiran biologis manusia, atau antarmuka otak-komputer bisa jadi penyebab potensial singularitas.

Contohnya kalau di dunia Fiksi ini sudah sangat sering dilihatkan Singularity, misalnya sosok Cyborg dalam film Justice League yang menjadi manusia setengah robot dengan kekuatan supernya, ataupun sosok Iron Man yang menggunakan Arc Reator pada tubuhnya, termasuk komputer cerdas milikya Friday, yang merupakan contoh-contoh singularitas dalam teknologi di perfilman.

Ray Kurzweil, seorang saintis komputer yang berasal dari MIT dan sekarang menjadi eksekutif di Google, secara spesifik menyebutkan jangka waktu progres teknologi komputer dan AI menurutnya pada 2020 komputer akan mampu meniru cara kerja otak, 2029 komputer akan menyamai kecerdasan manusia, dan akhirnya pada tahun 2045 singularitas akan terjadi. Sekitar 28 tahun lagi manusia akan menanam nano chips komputer ke dalam otak, mengkoneksikan ke dalam sistem penyimpanan cloud, dan meningkatkan otak manusia menjadi super-cerdas. “Singularitas memungkinkan manusia untuk mengatasi keterbatasan kemampuan otak dan keterbatasan fisik. Pasca singularitas manusia dan mesin tidak bisa dibedakan lagi”.

Apakah sekarang kalian sudah mendapatkan gambarannya mengenai singularitas dalam sisi teknologi? pastinya terlihat dan terdengar kaya dalam dunia film ya, entah kapan ledakan teknologi ini akan terjadi, namun nyatanya di sekarang ini sudah banyak fenomena teknolgi yang tidak pernah terduga contoh sederhananya seperti smart phone, smart home, Asisten cerdas Alexa, dsb.

Kalau begini apakah NextGeners akan siap menghadapi dunia yang semakin canggih kedepannya? Yuk kalau gitu kalian mulai sekarang banyak mencari tahu mengenai dunia teknologi seperti Computer System Engineering, Digital Business Technology dan lain-lainnya, agar kalian juga bisa menghasilkan teknologi yang sebelumnya belum pernah ada.

Sumber Referensi:

https://www.kincir.com/geeky/science-technology/singularitas-ancaman-masa-depan-manusia

https://geotimes.co.id/kolom/sosial/singularitas-dan-kecerdasan-spiritual/

https://id.wikipedia.org/wiki/Singularitas_teknologi

Sumber Gambar:

https://www.billboard.com

https://steemit.com