Dua Mahasiswi STEM Mendapatkan Gold Medal di World Innovative Science Fair (WISF)

0
47

Digital Interior Kriya Indonesia (DIKI) hasil karya Ni Putu Mas Swandewi dan Valen Meicella Ishen berhasil memenangkan Gold Medal di World Innovative Science Fair (WISF). WISF adalah kompetensi sains internasional yang diselenggarakan oleh Indonesian Scientific Society (ISS) dengan peserta dari 24 negara.

DIKI merupakan inovasi augmented reality dan artificial intelligence yang dikembangkan sejak semester satu di jurusan Digital Business Technology. Desain dan fitur yang dikembangkan di DIKI diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan pengrajin produk interior di Indonesia.  Selama ini produk interior kerajinan Indonesia memiliki tingkat penjualan yang rendah dan bad reviews akibat hanya divisualisasikan secara dua dimensi (2D) di e-commerce.

Selain memenangkan Gold Medal di WISF, sebelumnya DIKI juga memenangkan Bronze Medal di National Invention Project Contest. “Tidak ada hal yang tidak mungkin, semua dapat terwujud jika kita terus berusaha untuk mewujudkannya,” ungkap dua mahasiswi STEM Prasetiya Mulya.