Dibalik Makanan Favorit Stephen Hawking

0
19

STEM-Z masih mengenang atas kepergian salah satu ilmuwan Stephen Hawking pada 14 Maret 2018 lalu, ilmuwan yang ahli dalam bidang fisika dan kosmologi ini ternyata memiliki makanan favorit yang sangat dia suka. Stephen Hawking merupakan orang yang sangat menyukai makanan India. Di antara banyak makanan India ada salah satu yang benar-benar disukai oleh Stephen Hawking, yaitu ayam jalfrezi. Seperti yang dituliskan Hawking dalam bukunya yang berjudul George’s Secret key to the Universe “Makanan India itu pedas, lezat, dan kebanyakan bebas gluten, jadi itu cocok untuk saya. Makanan favorit saya adalah kari dan khususnya ayam jalfrezi.”

Ayam Jalfrezi merupakan kare yang kering dengan saus kental dan rasa yang pedas. Digoreng dengan minyak, ayam ini juga dimasak bersamaan dengan sayur-sayuran seperti tomat dan paprika. Ayam jalfrezi ini kaya akan bumbu rempah-rempah yang di milikinya, terdapat jahe, bawang putih, ketumbar, kunyit, lada, jinten, termasuk juga bawang bombai.

Hal utama yang bisa kita lihat dari Hawking adalah ia menyukai makanan India karena kebanyakan tidak mengandung gluten seperti yang kita tahu kalau Ayam jalfrezi tidak mengandung kandungan gluten. Tapi apakah NextGeners sudah tahu apa itu Gluten? Gluten adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya) beberapa serealia, terutama gandum, gandum hitam, dan jelai. Dari ketiganya,gandum lah yang paling tinggi kandungan glutennya. Kandungan gluten dapat mencapai 80% dari total protein dalam tepung, dan terdiri dari protein gliadin dan glutenin.

Banyak orang menghindari gluten karena alasan kesehatan, gluten dihindari bagi mereka yang menderita celiac disease (alergi terhadap protein gluten yang menyebabkan gangguan kekebalan). Bahakan banyak orang juga yang menjalankan diet gluten free, diet ini adalah diet yang tidak memasukkan komponen gluten dalam makanan sehari-hari. Diet gluten free ini juga ditunjukkan khusus bagi mereka yang menderita celiac disease.

Untuk menjalankan diet untuk tidak memakan makanan yang mengandung gluten pastinya kita harus tahu syarat makanan apa saja yang mengandung gluten? Kita pastinya sudah  tahu kalau gandum mengandung peptida, begitu juga dengan tepung terigu. Lalu bahan makanan apa sajakah yang mengandung gluten tersebut? roti, mie, sereal, pasta, kue dan biskuit. Makanan-makanan tersebut kebanyakan mengandung gluten.

Namun ada juga makanan sehat yang aman gluten, misalnya adalah kacang-kacangan, beras, kedelai, kentang, ikan, daging, singkong, sayur dan juga buah-buahan. Dari makanan favorit yang disukai oleh Stephen Hawking kita jadi tahu, kenapa ia menghindari makanan yang mengandung gluten. Apakah setelah mendapatkan informasi ini NextGeners mendapatkan ide untuk membuat sebuah makanan sehat yang inovatif? Jika iya maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

Sumber Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180314195228-262-283027/resep-ayam-jalfrezi-makanan-india-kesukaan-stephen-hawking

https://id.wikipedia.org/wiki/Gluten

https://lifestyle.kompas.com/read/2010/01/25/12000912/jenis.makanan.yang.mengandung.gluten

Sumber Gambar:

http://www. glutenfreegal.com