Desain Produk Indonesia ‘Unjuk Gigi’ di Kancah Global

0
14

Desain produk merupakan sektor penting dalam kemajuan industri. Desain produk mampu menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Dengan begitu, produk hasil buatan lokal mampu bersaing di ranah global.

Perkembangan sektor desain produk memberikan dampak yang signifikan bagi industri lokal maupun global. Di Indonesia, desain produk merupakan sektor yang sangat dibutuhkan. Tak hanya sekedar memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, saat ini, desain produk juga berperan sebagai pendukung bisnis ekspor-impor. 

Perkembangan ini juga berdampak besar dalam industri desain yang ada di Indonesia. Karena produk-produk yang dihasilkan oleh Indonesia semakin dikenal dan diminati oleh penduduk secara global. Dilihat dari perkembangan saat ini, diperkirakan industri ini akan mengalami peningkatan yang besar kedepannya. 

Perkembangan desain produk di Indonesia tidak lepas dari dukungan pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, aliansi dan himpunan desainer produk yang ada di Indonesia. Wadah ini memberikan dukungan serta dorongan yang besar bagi desainer produk Indonesia untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam mendesain produk dengan kualitas yang diminati oleh pasar global. 

Courtesy of carreview.id

Baca juga : Terbilang Mahal, Furniture Rotan Indonesia Lebih Terkenal di Mancanegara

Berbagai penghargaan dan kompetisi diadakan untuk mendorong desainer untuk ‘memamerkan’ produk inovasi terbaik mereka. Sejumlah desainer telah menorehkan nama sebagai pemenang di ajang penghargaan desain dan pameran yang diikuti oleh desainer terbaik dunia. Penghargaan dan kompetisi juga diharapkan dapat ‘melahirkan’ produk lokal dengan kualitas global.

Saat ini, Desainer produk Indonesia turut terlibat dalam persaingan dan perkembangan desain produk secara global. Keterlibatan ini mengundang para desainer indonesia untuk ikut bergabung dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat dan memberikan solusi atas permasalahan yang dialami masyarakat secara global.

Created by : Carles Parlindungan Lumban Gaol