Dari USA ke Aussie, Pesawat ini Terbang Menggunakan Bahan Bakar dari Biji Mustard

0
11

NextGeners pernah mendengar mustard? Moster (bahasa Indonesia) adalah salah satu rempah-rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi yang dihaluskan, sebelum diencerkan dengan air dan ditambah bahan-bahan lain.  Saus yang memiliki warna kuning ini kerap dijumpai pada makanan sepereti hamburger atau hot dog. Namun apakah NextGeners juga tahu fakta lainnya jika mustard ini dapat digunakan sebagai bahan bakar? Apalagi untuk bahan bakar pesawat?

Mencari inovasi untuk energi terbarukan di masa sekarang ini merupakan hal yang wajib dilakukan, mengingat cadangan minyak bumi yang semakin menipis, setiap inovator terus berlomba untuk menghasilkan terobosan tersebut termasuk salah satu perusahaan maskapai asal Australia yaitu Qantas yang menemukan bahan bakan hayati (biofuel) yang berasal dari biji mustard.

Dilansir dari laman The Guardian, Qantas merupakan perusahaan masakapai penerbangan pertama kali di dunia yang telah berhasil menerbangkan pesawat berbahan bakar biofuel antara Amerika Serikat dan Australia setelah melakukan 15 jam perjalanan. Boeing Dreamliner 787-9 telah melakukan penerbangan dari Los Angeles menuju Melbourne dalam penerbangan biofuel trans-Pasifik.

Lalu bagaimanakah perbandingan nya dengan penerbangan normal? Dengan menggunakan penerbangan biofuel ini penerbangan menghasilkan emisi karbon 7 persen lebih sedikit, namun dalam perbandingan berat per berat secara langsung, biofuel benih mustard menghasilkan emisi 80 persen lebih sedikit daripada bahan bakar tradisional selama siklus hidupnya.

Menurut Qantas News Room yaitu Alison Wester selaku CEO Qantas International mengatakan bahwa “Dreamliner 787-9 akan memamerkan masa depan penerbangan yang berkelanjutan. “kemitraan kami dengan Agrisoma menandai langkah besar dalam pengembangan industri bahan bakar terbarukan untuk jet di Australia, ini adalah proyek yang kami banggakan saat kami mencari cara untuk mengurangi emisi karbon di seluruh operasi kami”.

Bagaimana NextGeners? Hebat kan penemuan inovasi tersebut, selain menjadi energi yang lebih ramah dari bahan bakar minya bumi.

Apakah kalian termasuk NextGeners yang memiliki ide untuk mengembangkan energi terbarukan? kalau begitu Yuk NextGeners kita tunggu kalian untuk kolaborasi berinovasi di bidang Renewable Energy Engineering

Sumber Referensi:

https://www.greeners.co/

http://bobo.grid.id/

https://www.ikons.id/penerbangan-biofuel-pertama-di-dunia-menggunakan-bahan-bakar-biji-mustard/

Sumber Gambar:

https://www.businesstoday.in