Dari Sepak Bola Menjadi Lampu LED

1
138

Nexgeners pasti  suka olahraga kan? pasti suka karena olahraga menyehatkan tubuh, Seperti pepatah yang sangat populer Mensana in Corporesano yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Salah satu olahraga yang sangat populer di dunia dan banyak digandrungi semua kalangan baik pria atau perempuan yaitu sepak bola, entah sebagai penonton pertandingannya atau pemainnya.

Sepak bola banyak dimainkan anak-anak  di sudut-sudut jalanan kosong, lapangan kosong, ataupun lapangan sepak bola. Banyak sekali manfaat dari sepak bola seperti tubuh kita semakin sehat, menjalin pertemanan baru,meningkatkan semangat nasionalisme.

Tapi ternyata ada manfaat lainnya yang juga sangat berguna dari sepakbola loh NexGeners, langkah kaki pemain sepak bola di lapangan ternyata bisa diubah menjadi energi listrik.

Lokasi dari lapangan tersebut berada di kawasan pemukiman  distrik Mineira kota Rio de Janeiro, Brazil.

Prinsip dasar dari lapangan ini menggunakan energi kinetik dan panel surya yang akan diubah menjadi energi listrik.

Kalian tau tidak energi kinetik? Oke kalau belum mengenal energi kinetik, STEM-Z akan jelasin dulu apa itu energi kinetik?

Energi kinetik adalah energi gerak, juga disebut sebagai energi dalam gerakan, atau energi yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda. Contoh dari energi kinetik adalah planet yang berputar mengelilingi matahari, kendaran yang bergerak, seseorang yang sedang mengetik di komputer, orang yang sedang berenang, dsb.

Lalu bagaimana sebuah energi kinetik itu bisa ditransfer ke energi lain?

ketika massa atau suatu benda tidak bergerak (diam), benda tersebut dianggap memiliki energi potensial. Ketika kekuatan atau pekerjaan diterapkan ke objek ini, energi potensial berubah menjadi kinetik. Setelah ditransfer, energi kinetik suatu benda dapat diubah menjadi bentuk lain seperti potensi, gravitasi, atau energi elastis.

Konsep dari lapangan sepak bola tersebut terdiri dari 200 ubin yang tahan cuaca (80 persen bahan ubin dibuat dari bahan daur ulang) dipasang di bawah lapangan. Dengan tujuan ubin tersebut untuk  menangkap energi kinetik yang dihasilkan dari langkah pemain sepak bola. Energi kinetik yang diperoleh  ditambah dengan panel surya yang dipasang di atas sekolah samba (lokasi tepat di samping lapangan) menghasilnya energi listrik yang diaplikasikan pada lampu LED lapangan sepak bola(sebanyak enam lampu LED) sehingga pada saat malam hari para pemain sepak bola dapat tetap bermain dengan cahaya yang dihasilkan dari pemain sepak bola di pagi dan siang hari.

Peresmian lapangan inovasi  ini juga dihadiri oleh legenda sepak bola asal Brazil, Pele. Pele sangat kagum akan terobosan inovasi tersebut.

Teknologi baru pada lapangan sepak bola itu disebut Pavegen.

Keren kan NextGeners, kalau dari olahraga juga bisa menghasilkan inovasi. Selain dapat manfaat dari olah raga sepak bola kita juga memberi manfaat buat semuanya.

Itu baru  contoh dari satu jenis olahraga yang STEM-Z bahas. Teman NextGeners hobi olahraganya apa? Yuk kita cari inovasi dari hobi olahraga NextGeners dan share ide-ide inovasi kalian di sini.

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Entrepreneurial Energy Engineering.

Sumber Referensi:

http://budisma.net/2014/12/pengertian-energi-kinetik-dan-contohnya.html

http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/13/01/28/sepakbola/freekick/14/09/11/nbqo7f-hebat-lapangan-bola-ini-bisa-ubah-gerakan-pemain-jadi-energi-listrik

http://www.dw.com/id/energi-dari-kaki-pemain-bola/a-17917681

Sumber Gambar:

(Gambar no.1) http://blog.iavm.org/players-footsteps-power-soccer-field-brazil/

(Gambar no.2) https://newatlas.com/pavegen-shell-kinetic-tiles-soccer-pitch-brazil/34113/

1 COMMENT