Dari Makanan sampai Biogas (Jutaan Manfaat si Hijau Berduri)

0
50

Coba NextGeners tebak salah satu simbol yang ada terdapat pada bendera negara Meksiko yang merupakan salah satu jenis tanaman? Dalam bendera Meksiko terdapat salah satu simbol berupa tanaman kaktus prickly pear, tidak hanya menjadi simbol negara, kaktus tesebut sudah menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat, sejak dari zaman Aztec hingga sekarang pemanfaatannya masih digunakan, mulai dari obat-obatan, produk sampo, hingga menjadi tiga bahan penting dalam membuat makanan Meksiko.

Namun manfaat yang didapatkan dari kaktus prickly pear tidak sampai disitu saja, salah satu startup lokal Sueme (akronim Spanyol dari Energy and Environmental Sustainability) ini membuat inovasi untuk mengubahnya menjadi sumber energi terbarukan.

Meksiko yang merupakan salah satu negara yang menggunakan pemanfaatan kaktus tersebut, sehingga banyak lapisan luar dari kaktus yang tebal membuatnya menjadi sampah yang tidak dapat terpakai. Dari salah satu permasalahan ini Sueme telah mengembangkan sebuah generator biogas, dimana lokasi dari generator tersebut berdekatan dengan perkebunan kaktus. Selain itu Meksiko merupakan salah satu negara yang serius dalam pengembangan energi terbarukan. Pada tahun 2015, Meksiko menjadi negara berkembang pertama yang mengumumkan pengurangan target emisi untuk United Nations Climate Accord, berambisi untuk memotong setengah produksi emisi mereka pada tahun 2025.

Generator biogas tersebut memiliki bentuk silinder raksasa dengan warna perak dengan rangkaian pipa-pipa pada generator tersebut. sampah-sampah kulit kaktus yang masuk ke dalam generator tersebut akan dicampur dengan bakteri khusus, kemudian dipanaskan dengan suhu 55 derajat Celcius hingga menghasilkan biogas. Ketika mesin generator biogas ini bekerja dengan maksimal (memproses 3-5 ton sampah perhari), mesin tersebut mampu memproduksi 170 kilowatt/jam, atau cukup energi untuk untuk menyalakan 9.600 lampu rendah-energi. Tidak sampai di situ saja, sisa kaktus dari biogas tersebut dapat digunakan juga sebagai pupuk kompos.

Bernandino Rosas dari kepala pengembangan pemerintahan Meksiko berkata “visi kami adalah untuk memproduksi proyek-proyek seperti ini dan menempatkannya di lebih dari 300 pusat produksi, sehingga membuat kebun tersebut mandiri secara energi”

Setelah membaca artikel ini apakah NextGeners juga ingin menjadi bagian untuk membuat inovasi dengan energi terbarukan? maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Entrepreneurial Energy Engineering.

Sumber Referensi:

http://www.greeners.co/ide-inovasi/meksiko-ubah-kaktus-jadi-energi-alternatif/

https://www.ucnews.id/news/Meksiko-Ubah-Kaktus-Jadi-Energi-Alternatif/4001519864330069.html

https://news.trubus.id/post/pohon-kaktus-pir-jadi-sumber-energi-masa-depan-998

Sumber Gambar:

http://www.seeker.com

https://www.google.com