Dari Bumi menuju ke Luar Angkasa Melalui Lift

0
10

NextGeners pernah membayangkan bagaimana jika ada sebuah lift yang dibuat untuk ke luar angkasa dari bumi? Walau hal ini terdengar seperti mustahil, namun proyek ini memang ada dan sedang dikembangkan oleh Jepang. Ide ini mulai dikeluarkan sejak November 2015, 3 tahun dari ide tersebut akhirnya para peniliti dari Fakultas Teknik Universtias Shizuoka akan meluncurkan model lift ruang angkasa tersebut ke orbit Bumi.

Ide membuat lift ke luar angkasa memang sudah ada sejak lama yaitu 100 tahun yang lalu. Dimulai dari seorang teoritis astronotika asal Rusia bernama Konstantin Tsionkovsky yang menggagas ide untuk membangun sebuah menara tinggi yang berjarak ribuan kilometer hingga mencapai cakrawala orbit. Di tahun 1960, Yury Artsutanov, seorang mahasiswa asal Leningrad Technology Institute juga mengungkapkan ide untuk membuat sebuah kabel yang menghubungkan titik dari garis ekuator dengan orbit geostasioner pada 35,786 km sehingga orbitnya tetap bisa menyesuaikan dengan lokasi bumi.

Jepang memang negara yang didukung dengan kemajuan teknologi yang tinggi. Namun, ide terkait pembuatan elevator ke luar angkasa ini bukan hal yang mudah. Para peneliti dari Fakultas Teknik Universitas Shizuoka akan meluncurkan model lift ruang angkasa tersebut ke orbit Bumi. Lift tersebut memang masih berbentuk miniatur yaitu dua satelit kubik kecil berukuran sisi 10 sentimeter. Keduanya akan dihubungkan oleh kabel baja sepanjang 10 meter. Untuk melengkapinya, sebuah kotak bermotor akan berjalan bolak-balik di sepanjang kabel tersebut, di antara dua satelit. Tidak ketinggalan sebuah kamera juga akan dipasang untuk memantau kemajuan miniatur tersebut.

Para peneliti dari Universitas Shizuoka juga didukung oleh perusahaan konstruksi Jepang yaitu Obayashi yang optimis dengan ide pembuatan lift ke luar angksa. Mereka berencana akan akan mewujudkannya di tahun 2050 dan dapat membawa turis untuk ke luar angkasa melalui lift tersebut.

Keren kan ide dari lift yang dapat membawa kita ke luar angksa ini? sambil menunggu lift canggih ini terwujud, yuk NextGeners ceritakan ide inovasi kalian juga terkait desain teknologi yang inovatif.

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

https://www.designboom.com/

https://sains.kompas.com/

https://www.cnnindonesia.com/

Sumber Gambar:

Obayashi