Cerita Ospek S1 Universitas Prasetiya Mulya

0
73
Gambar Logo PGU 2022
Sumber: https://www.instagram.com/pgu.prasmul/

Tangerang – Halo Sobat Nextgener’s! Tahun ajaran baru sudah mulai nih. Apa kabar kalian yang sudah bukan siswa SMA lagi? Sudah masuk bulan-bulan penuh perjuangan nih bagi mahasiswa baru dalam mengikuti program orientasi di kampus masing-masing. 

Ospek (Program Orientasi)

Ospek adalah program orientasi bagi para mahasiswa baru. Mari kita throwback, kapan sih awal mula kegiatan Ospek dimulai? Mengutip dari Pintek.id, katanya ospek mulai diberlakukan sejak tahun 1898 di sebuah institusi pendidikan bernama STOVIA. Seiring berjalannya waktu, terdapat berbagai modifikasi dalam pelaksanaan ospek, mulai dari adanya tradisi perpeloncoan, penggunaan kostum aneh hingga berbagai tugas yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan dunia perkuliahan.

Memangnya program ospek sepenting apa sih? Kenapa masih tetap diadakan dalam situasi pandemi seperti sekarang ini? Nah, berikut adalah tujuan dari pentingnya pelaksanaan ospek.

  1. Memperkenalkan lingkungan kampus
  2. Memudahkan adaptasi bagi mahasiswa
  3. Mewadahi pertukaran informasi dengan teman dan kakak tingkat
  4. Memperkenalkan program dan kegiatan dalam kampus

Nah, tujuan-tujuan di atas menunjukkan bahwa sebenarnya ospek itu penting banget! Tanpa ospek, mahasiswa akan kesulitan mengenal orang baru karena tidak ada yang menjembatani dengan orang-orang dan lingkungan baru. Ternyata, di S1 Universitas Prasetiya Mulya punya caranya sendiri dalam penyelenggaraan ospek, kegiatan ini dikenal dengan Prasmul Gear Up (PGU) 2022.

Sumber: https://www.instagram.com/pgu.prasmul/

Prasmul Gear Up (PGU)

Melalui kegiatan PGU, para mahasiswa baru menyiapkan diri untuk menjadi mahasiswa yang kompeten, serta memiliki dasar nilai CHAIN (caring, humility, achieving, integrity dan non discrimination) dan karakter LEAMICA (leadership, entrepreneurship, analytical thinking, maturity, interpersonal relationship, communication, dan achievement) dalam menjalani kehidupan perkuliahan maupun sehari-hari. Dengan tertanamnya nilai dan karakter dasar Prasetiya Mulya, diharapkan peserta PGU dapat mengenali potensi diri dan berkembang menjadi versi terbaik diri mereka selama berkuliah di S1 Universitas Prasetiya Mulya.

Serangan pandemi COVID-19 tidak menghalangi keberlangsungan program PGU di S1 Universitas Prasetiya Mulya sejak tahun 2020 yang dilangsungkan secara Digital Immersive Orientation. Tahun ini, PGU kembali hadir membawakan konsep yang lebih inovatif dan dilaksanakan secara hybrid, menampilkan campuran aktivitas online dan on-site seperti talkshow, webinar, dan hackathon. Dengan tagline Navigate Your Path, PGU tahun ini membawakan konsep penentuan arah atau jalan. Dibalut dengan cerita pelayaran dan penjelajahan, mahasiswa baru akan menjadi tokoh utama yang dilatih agar layak menjadi voyagers atau pengembara untuk menjelajah dunia dengan tujuan berikutnya adalah “land of Prasmul” sebagai tempat pengumpulan bahan bakar serta makanan sebagai bekal dalam melanjutkan perjalanan.

Sumber: https://www.instagram.com/pgu.prasmul/

Dalam pelayaran tentu diperlukan kerja sama team, strategi untuk bertahan hidup, dan kompetensi dalam mengendalikan kapal. Tanpa semua itu, tentunya kapal akan terombang-ambing di laut lepas tanpa arah yang pada akhirnya tenggelam. Hal inilah yang mendasari tema cerita atau story behind of PGU, memberikan simulasi kehidupan dunia perkuliahan agar mahasiswa baru siap untuk menghadapi seluruh rintangan yang akan datang. Konsep cerita ini dapat menghapus kekhawatiran akan senioritas dalam ospek dan tetap berfokus untuk menyemangati, dan memotivasi mahasiswa baru melalui pembekalan ilmu dan karakter tanpa hukuman atau rasa takut.

Bagaimana dengan kamu sobat Nextgenner? Apakah idola kamu jadi pembicara di program ospekmu? Ayo ceritakan pengalaman orientasimu di kolom komentar ya!